Pilkada Paser

Syarat Dukungan Calon Perseorangan dalam Pilkada Paser Banyak Berubah, Tim Paslon Layangkan Protes

Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 1917/PL.01.9-SD/06/KPU/IX/2019 tanggal 3 September 2019 mengatur harus menggunakan model formulir B.1-KWK format baru.

Syarat Dukungan Calon Perseorangan dalam Pilkada Paser Banyak Berubah, Tim Paslon Layangkan Protes
TribunKaltim.Co/Sarassani
KPU Kabupaten Paser menggelar Sosialisasi PKPU 15/2019 dengan mengundang siapa saja yang ingin meramaikan Pilkada Paser 2020 lewat jalur perseorangan, Rabu (9/10/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Perubahan formulir model B.1-KWK Perseorangan menuai banyak protes tim bakal pasangan calon perseorangan atau paslon dan sebagian masyarakat Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Terutama yang telah mengumpulkan syarat dukungan menggunakan formulir B.1-KWK format lama dalam Pilkada Paser nanti.

Hal ini terungkap di sesi diskusi acara Sosialisasi PKPU 15/2019 yang digelar KPU Paser, Kalimantan Timur pada Rabu (9/10/2019).

Umumnya peserta sosialisasi menyayangkan syarat dukungan harus menggunakan model formulir B.1-KWK format baru, yang menggunakan format lama tidak diakui.

“Surat Edaran (SE) KPU RI nomor 1917/PL.01.9-SD/06/KPU/IX/2019 tanggal 3 September 2019 mengatur harus menggunakan model formulir B.1-KWK format baru, selain itu dianggap bukan syarat dukungan,” kata Ketua

KPU Paser Abdul Qayyim Rasyid kepada tribunkaltim.co.

Bagi tim atau masyarakat yang telanjur menggunakan model formulir B.1-KWK format lama, lanjut Qayyim, tidak bisa digunakan.

“Format lama dianggap bukan syarat dukungan. Iya (usaha yang telah mereka lakukan jadi sia-sia), tapi mau tak mau, itu harus kami sampaikan,” ucapnya.

Untuk diketahui, setidaknya tiga bakal paslon perseorangan yang ingin meramaikan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Paser di Pilkada 2020. Seperti H Herman Setiawan-Hj Nor Asiah, H Jurisa Fahroji-Hj Syarifah Masitah Assegaff, dan H Toni Budi Hartono-H Aji Sayid Faturrahman.

Namun undangan sosialisasi menurut Qayyim untuk siapa saja yang ingin maju lewat jalur perseorangan.

Halaman
1234
Penulis: Sarassani
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved