BPJS Ketenagakerjaan

Sosialisasi Peraturan Jasa Konstruksi, BPJS Ketenagakerjaan Sekaligus Kenalkan Aplikasi E-Jakon

Aplikasi e-jakon tersebut memberikan berbagai kemudahan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan termasuk pendaftaran kepesertaan

Sosialisasi Peraturan Jasa Konstruksi, BPJS Ketenagakerjaan Sekaligus Kenalkan Aplikasi E-Jakon
HO - BPJS Ketenagakerjaan
Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut berasal dari kalangan asosiasi perusahaan konstruksi dan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO - BPJS Ketenagakerjaan bersama Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan menggelar kegiatan sosialisasi terhadap peraturan untuk jasa konstruksi di rumah jabatan Wali Kota Balikpapan, Rabu (9/10/2019).

Kegiatan sosialisasi ini dibuka secara langsung oleh Wali Kota Balikpapan yang diwakili Asisten II Setkot Balikpapan, Muhammad Noor.

Peserta yang mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut berasal dari kalangan asosiasi perusahaan konstruksi dan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kota Balikpapan.

BPJS Ketenagakerjaan bersama Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan menggelar kegiatan sosialisasi terhadap peraturan untuk jasa konstruksi di rumah jabatan Wali Kota Balikpapan, Rabu (9/10/2019).
BPJS Ketenagakerjaan bersama Dinas Pekerjaan Umum Kota Balikpapan menggelar kegiatan sosialisasi terhadap peraturan untuk jasa konstruksi di rumah jabatan Wali Kota Balikpapan, Rabu (9/10/2019). (HO - BPJS Ketenagakerjaan)

BPJS Ketenagakerjaan selaku mitra dari perusahaan jasa konstruksi mengingatkan kepada seluruh OPD yang memiliki keterkaitan terhadap jasa konstruksi agar ikut mendaftarkan para pekerja atau karyawannya sebagai peserta jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

Pasalnya, dalam BPJS Ketenagakerjaan itu memiliki banyak program yang sangat bermanfaat.

Di antaranya program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian bagi pekerja harian lepas, borongan dan perjanjian kerja waktu tertentu pada sektor jasa konstruksi yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 44 Tahun 2015.

BPJS Ketenagakerjaan Buka Pelatihan Program Vokasional

Saat Ini Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bisa Miliki Rumah dengan Bunga Flat

BPJS Ketenagakerjaan Ajak Para Driver Transportasi Online Maxim Ikut Peserta Jaminan Sosial

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut BPJS Ketenagakerjaan juga turut memperkenalkan aplikasi jasa konstruksi yang disingkat dengan e-jakon.

Aplikasi e-jakon tersebut memberikan berbagai kemudahan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan termasuk pendaftaran kepesertaan yang dapat dilakukan melalui smartphone Android.

"Kami juga akan memperkenalkan salah satu aplikasi terbaik kami dalam mempermudah pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan, yakni elektronik jasa konstruksi (E-Jakon).

Aplikasi ini mudah untuk diakses bahkan dapat menggunakan handphone dan tidak perlu download, karena aplikasi ini berbasis web," ujar Kusumo, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan Kenalkan Aplikasi E-Jakon
BPJS Ketenagakerjaan Kenalkan Aplikasi E-Jakon (HO - BPJS Ketenagakerjaan)

Seluruh OPD Pemerintah Kota Balikpapan yang memiliki pekerjaan konstruksi atau pekerjaan fisik mewajibkan kepada seluruh rekanan penyedia jasa (kontraktor) maupun konsultan untuk melakukan pendaftaran kepada BPJS Ketenagakerjaan agar mendapatkan perlindungan bagi pekerja harian (buruh lepas).

Syarat pendaftaran kepesertaan dapat didaftarkan melalui aplikasi e-jakon dengan mengupload SPK dan gunning tender serta iuran upah pekerja, atau dengan cara datang dan melaporkan kepada Dinas Pekerjaan Umum atau BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun perhitungan pembayaran iuran meliputi nilai kontrak kerja konstruksi yang dipergunakan sebagai dasar perhitungan iuran tidak termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10%.

Untuk manfaat kepada pekerja harian (buruh lepas) sama seperti pekerja penerima upah.

Untuk mempermudah penyedia jasa (kontraktor), pembayaran iuran tidak hanya dapat dibayarkan di bank BPD, tapi juga dapat dilakukan melalui jasa perbankan yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. (*)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved