Poltekba Latih Nelayan Balikpapan Tingkatkan Hasil Tangkapan dan Pengolahan Kuliner Ikan

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Balikpapan menggelar pelatihan pemberdayaan nelayan di Balikpapan Kota.

Editor: Sumarsono
IST/HUMAS
Tim Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Poltekba menggelar pelatihan pemberdayaan nelayan di wilayah Balikpapan Kota. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Balikpapan menggelar pelatihan pemberdayaan nelayan di wilayah Balikpapan Kota, Balikpapan.

Pelatihan meliputi peningkatan hasil tangkap ikan dan pelatihan pengolahan aneka kuliner ikan, metode pengemasan dan merek.

Selain itu, pelatihan pengelolaan keuangan dan permodalan, teknik penjualan dan manajemen pemasaran serta kewirausahaan bagi nelayan kecil.

"Kegiatan pelatihan ini dalam rangka meningkatkan keterampilan dan kesejahteraan nelayan kecil di wilayah Balikpapan Kota," kata Gozali, SPd, MPd, dosen Poltekba Balikpapan yang juga Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Selasa (15/10/2019) didampingi Nur Amaliah, Stp, MSi, dan Praseptia Gardiarini, S.Gz, Mph.

Dosen Poltekba Beri Edukasi Pasar Modal kepada Guru SMA/SMK se-Balikpapan

Berbasis Teknologi, Poltekba Kembangkan Sistem Pengelolaan Anggota Himpaudi Kaltim

STIE Madani Studi Banding ke Poltekba, Ingin Tahu Sistem Penjaminan Mutu Internal Kampus

Menurut Gozali, pengabdian kepada masyarakat tentang peningkatan daya tangkap ikan dengan bantuan teknologi modern dan pengolahan aneka kuliner ikan telah dilaksanakan mulai Juli hingga Oktober ini.

Adapun kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan sebagai berikut:
Tim pelaksana melakukan koordinasi dengan mitra nelayan di Kelurahan Damai, Balikpapan Kota pada 17 Juli 2019. Koordinasi dilakukan untuk menyusun jadwal dan rencana kegiatan PKM.

Kegiatan kedua, pengadaan peralatan pendukung kegiatan PKM. Pengadaan peralatan fish finder dilakukuan secara online melalui Tokopedia..

Tim P3M Politeknik Negeri Balikpapan menggelar pelatihan pemberdayaan nelayan di wilayah Balikpapan Kota, Balikpapan.
Tim P3M Politeknik Negeri Balikpapan menggelar pelatihan pemberdayaan nelayan di wilayah Balikpapan Kota, Balikpapan. (IST/HUMAS)

Ketiga, sosialisasi dan penyuluhan metode tangkap ikan dengan fish finder. Pada tahap ini dilakukan pelatihan dan penyuluhan strategi meningkatkan daya tangkap ikan dengan menggunakan fish finder.

Kegiatan keempat, pelatihan menggunakan fish finder di pesisir Teluk Balikpapan

Dan, terakhir, penyusunan naskah publikasi seminar nasional dan koran daerah pengabdian masyarakat. Makalah dipresentasikan pada seminar Sepakat pada 16 Oktober 2019

Gozali menjelaskan, hasil yang dicapai pada kegiatan yang telah dilaksanakan, antara lain pengetahuan mitra nelayan tentang peralatan pencari ikan (fish finder) semakin meningkat.

"Meningkatnya keterampilan nelayan menggunakan fish finder berdampak pada kemampuan nelayan meningkatkan hasil tangkapannya," tuturnya.

Ke depannya, akan ada kegiatan berikutnya tim PKM, di antaranya melaksanakan pelatihan pengolahan aneka kuliner ikan dan pelatihan dan penyuluhan permodalan dan keuangan.

Kenalkan Jiwa Entrepreneur, Poltekba Ajak Santri Produksi Kue Sendiri

Kegiatan ini nanti berlangsung di laboratorium Program Studi Tata Boga Jurusan Perhotelan pada minggu ketiga Oktober 2019. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved