Dinas Perhubungan akan Mengganti LPJU ke Lampu LED dan Sistem Meteran, Hemat Rp 2,2 Miliar/Tahun

Dinas Perhubungan akan Mengganti LPJU ke Lampu LED dan Sistem Meteran, Hemat Rp 2,2 Miliar/Tahun

Dinas Perhubungan akan Mengganti LPJU ke Lampu LED dan Sistem Meteran, Hemat Rp 2,2 Miliar/Tahun
TRIBUNKALTIM/DOAN PARDEDE
LPJU berwarna biru-kuning kini menghiasi flyover Air Hitam, Minggu (26/11/2017). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA -Dinas Perhubungan akan Mengganti LPJU ke Lampu LED dan Sistem Meteran, Hemat Rp 2,2 Miliar/Tahun

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda, Ismansyah membeberkan, setiap bulan harus membayar tagihan listrik untuk Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) sebesar Rp 1,2 miliar hingga 1,5 miliar.

Terkait hal tersebut disampaikan keinginannya untuk mengubah sistem LPJU dari tipe flat menjadi sistem meteran. Hal ini ditujukkan untuk menghemat pengeluaran Dishub Samarinda dalam pembayaran tagihan listrik.

"Sebulannya Rp 1,2 sampai 1,5 miliar jadi setiap tahun  Dishub membayar total Rp 22 miliar, dengan digantinya lampu led dan juga menjadi sistem meteran bisa menjadi penghematan," beber Ismansyah, Selasa (22/10/19).

Setidaknya jika dalam setahun dapat dicapai penghematan hingga 10% maka total sebesar Rp 2,2 miliar bisa disimpan dan dialokasikan kembali.

"Rp 2,2 miliar efisien, dan itu kembalikan lagi ke Dishub untuk dipasangkan lagi dan dan dianggarkan kembali," ucapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, soal transisi LPJU dari flat ke meteran, Ismansyah menilai bahwa nantinya semua sistem flat akan diubah menjadi meteran.

"Kalau flat itu nyala atau tidak nyala kita bayar, dan jika meteran bisa disesuaikan dengan penggunaan, saya inginnya secara bertahap itu diubah menjadi meteran" jelasnya.

Ismansyah menekankan harus ada efisiensi kedepannya,agar nanti  hasil efisiensi bisa dikembalikan untuk kebutuhan masyarakat lagi. (*)

Penulis: Faris Dzulfiqar Fasya
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved