PLN Kaltimra

Normalkan Pasokan Listrik di Nunukan - Sebatik, PLN Tambah 3 MW di PLTD Sei Nyamuk Sebatik

Berbagai upaya pun dilakukan PLN untuk memulihkan distribusi listrik ke pelanggan di Nunukan dan Sebatik

Normalkan Pasokan Listrik di Nunukan - Sebatik, PLN Tambah 3 MW di PLTD Sei Nyamuk Sebatik
HO - PLN Kaltimra
Upaya percepatan instalasi mesin pun dilakukan dengan membentuk tim gabungan dari PLN UP3 Berau dan PLN UIW Kaltimra. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sistem Kelistrikan Nunukan-Sebatik berangsur normal setelah dua unit mesin pembangkit tambahan di PLTD Sei Nyamuk Sebatik berhasil sinkron pada Minggu, 20 Oktober 2019.

Sinkronnya pembangkit berkapasitas 3 x 1.000 kW tersebut, membuat daya mampu di Sistem Kelistrikan Nunukan-Sebatik meningkat dari 10,83 MW menjadi 12,83 MW dengan beban puncak sebesar 12,50 MW.

Dengan tambahan tersebut membuat Sistem Kelistrikan surplus sekitar 0,33 MW.

Seperti yang diketahui sebelumnya, Sistem Kelistrikan Nunukan yang saat ini terinterkoneksi dengan sistem yang berada di Sebatik, sempat mengalami gangguan dan menyebabkan terganggunya supply aliran listrik pada sebagian pelanggan di Nunukan dan Sebatik.

Sistem Kelistrikan Nunukan-Sebatik meningkat dari 10,83 MW menjadi 12,83 MW dengan beban puncak sebesar 12,50 MW.
Sistem Kelistrikan Nunukan-Sebatik meningkat dari 10,83 MW menjadi 12,83 MW dengan beban puncak sebesar 12,50 MW. (HO - PLN Kaltimra)

Berbagai upaya pun dilakukan PLN untuk memulihkan distribusi listrik ke pelanggan di Nunukan dan Sebatik diantaranya perbaikan mesin dan penambahan kapasitas pembangkit sebesar 3 x 1.000 kW. 

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Berau PT PLN (Persero) UIW Kaltimra, Hendra Irawan mengatakan bahwa saat ini pihaknya tengah mengupayakan proses sinkronnya 1 mesin pembangkit lagi di PLTD Sei Nyamuk Sebatik.

Upaya percepatan instalasi mesin pun dilakukan dengan membentuk tim gabungan dari PLN UP3 Berau dan PLN UIW Kaltimra.

"PLN melakukan berbagai upaya untuk mengatasi hal tersebut diantaranya percepatan perbaikan mesin yang mengalami gangguan dan penambahan kapasitas daya mampu. Tim gabungan juga dikerahkan sehingga proses pemasangan dan instalasi mesin diperkirakan berlangsung tiga minggu bisa kami selesaikan dalam dua minggu," ujar Hendra.

Inilah 12 Orang Wamen Isi Kabinet Jokowi, Tidak Ada Nama Grace Natalie dan Yusril Ihza Mahendra

Angela Tanoesoedibjo dan Surya Tjandra jadi Wamen, Berepa Perbedaan Gaji dengan Menteri Wishnutama

Apa Kabar Fadli Zon? Nasib Setelah Gagal jadi Menteri dan Kursi Wakil Ketua DPR Diambil Sufmi Dasco

“Seperti yang kami sampaikan sebelumnya tambahan tiga mesin pembangkit telah sampai di PLTD Sei Nyamuk Sebatik sesuai rencana. Saat ini dua dari total tiga pembangkit yang direncanakan masuk ke Sistem Kelistrikan Nunukan telah berhasil sinkron ke sistem,” tambahnya.

Ia pun mohon doa dukungannya agar progres sinkron satu unit mesin lagi bisa terealisasi sesuai rencana sehingga semakin memperkuat Sistem Kelistrikan di Nunukan dan Sebatik, jelas Hendra.

Dikonfirmasi terpisah Manager Komunikasi PLN UIW Kaltimra Zulkarnain menyampaikan bahwa upaya - upaya yang dilakukan PLN untuk menormalkan Sistem Kelistrikan di Nunukan dan Sebatik mulai membuahkan hasil pasca sinkronnya 2 unit mesin pembangkit di PLTD Sei Nyamuk Sebatik.

Mulai dari penambahan dan pemeliharaan mesin pembangkit listrik sampai ke pemeliharaan jaringan distribusi hingga pengiriman tim gabungan telah dilaksanakan untuk mempercepat pemulihan kelistrikan di Nunukan dan Sebatik.

“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh seluruh pelanggan di Nunukan dan Sebatik. Alhamdulillah atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan oleh semua elemen lapisan masyarakat dan stakeholder, pasokan daya disana berangsur normal kembali, ucap Zulkarnain. (dha)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved