Kabupaten Kutai Timur

Jadi Percontohan Smart City di Kutim, Kasmidi Resmikan Wifi Gratis di Polder Ilham Maulana

Polder Ilham Maulana di Kecamatan Sangatta Utara menjadi pilihan pemerintah untuk mewujudkan percontohan Smart City.

Jadi Percontohan Smart City di Kutim, Kasmidi Resmikan Wifi Gratis di Polder Ilham Maulana
HO - Diskominfo Kutim
Peresmian Pujasera 

 SANGATTA, TRIBUNKALTIM.CO – Sejak menjadi satu dari 100 kabupaten kota se-Indonesia yang terpilih untuk merealisasi Smart City, Kabupaten Kutai Timur terus berbenah.

Polder Ilham Maulana di Kecamatan Sangatta Utara menjadi pilihan pemerintah untuk mewujudkan percontohan Smart City.

Jumat (15/11/2019), Wakil Bupati Kutai Timur H Kasmidi Bulang ST MM didampingi Kadis Kominfo Perstik Ir Suprihanto CES, meresmikan kawasan Polder Ilham Maulana sebagai percontohan Smart City di Kutai Timur.

Peresmian Pujasera
Peresmian Pujasera (HO - Diskominfo Kutim)

Dengan memadukan beberapa fasilitas rekreasi dan olahraga, kawasan yang merupakan daerah resapan air ini sangat cocok menjadi tempat berkumpulnya warga.

Ditambah lagi, dengan hadirnya konsep Smart City, warga yang berada di area polder, bisa menikmati fasilitas internet gratis yang dipasang Dinas Kominfo Perstik Kutim menggandeng anak perusahaan PLN Persero, Icon+. 

“Icon+, ingin mendukung kemajuan Kabupaten Kutai Timur. Dengan penyediaan jaringan antar OPD dan bisa dinikmati warga Kutim juga. Tak hanya,  internet berkapasitas besar tapi bagaimana pembangunan dan layanan fasilitas untuk masyarakat sehingga bisa berinteraksi antara satu dan lainnya,” ungkap Rudi Mulyadi, perwakilan direksi Icon+ Kutim. 

Kawasan Polder Ilham Maulana yang saat ini menjadi area percontohan Smart City di Kutai Timur
Kawasan Polder Ilham Maulana yang saat ini menjadi area percontohan Smart City di Kutai Timur (HO - Diskominfo Kutim)

Sementara itu, Suprihanto mengatakan peresmian Smart City di kawasan Polder Ilham Maulana, sesuai komitmen Pemkab Kutim yang mencanangkan kawasan tersebut sebagai kawasan percontohan smart city, yang menjadi awal dari smart city lainnya di Kutim. “Semoga hal ini menjadi percontohan smart city yang berhasil  dan diapresiasi oleh seluruh masyarakat Kutim,” kata Suprihanto. 

Peresmian Smart City, juga dirangkaikan dengan peresmian penggunaan arena gokart, panjat tebing, tempat bermain anak dan fitness outdoor serta ada tempat berlatih bagi komunitas X game (sepeda BMX dan Skateboard) yang merupakan komunitas anak muda, namun belum tersentuh.

Bocah 9 Tahun Ini Raih Gelar Sarjana, Ingin Ambil S3 Jurusan Teknik dan Kedokteran Sekaligus

Masih Ada Ridwan Kamil - Gatot Nurmantyo, Peneliti LIPI: Terlalu Dini PKS Usung Anies Pilpres 2024

Banyak Warga Asal NTT Terkena Masalah Kependudukan, Bupati Flores Timur Kunjungi Tarakan

Semuanya melengkapi fungsi polder sebagai tempat berkumpul warga. 

“Kawasan ini akan menjadi tempat aktifitas warga yang lengkap. Memadukan sarana olahraga, rekreasi keluarga, menyalurkan hobi, seperti mancing serta tempat bermain anak. Tak ketinggalan, dilengkapi pula dengan tempat kuliner bertajuk Polder Foodcourt. Dan sedang berproses, icon tambang yang akan menghadirkan unit alat berat yang hanya ada di dunia. Agar masyarakat bisa melihat dari dekat, kendaraan yang beroperasi di tambang yang ada di Sangatta dari dekat,” ujarnya. (advertorial/Diskominfo Perstik Kutim/sar)

Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved