Adik Prabowo Resmikan Suaka Orangutan

Rela Keluarkan Uang Miliaran Rupiah Bangun Suaka Orangutan, Hasyim: Saya Dapat Kepuasan Batin

Rela Keluarkan Uang Miliaran Rupiah Bangun Suaka Orangutan, Hasyim: Saya Dapat Kepuasan Batin

Penulis: Heriani AM | Editor: Samir Paturusi
Tribunkaltim.co, Heriani AM
Hasyim Djojohadikusumo (ketiga dari kiri) saat mengunjungi lokasi rehabilitasi orangutan dalam peresmian Pusat Suaka Orangutan (PSO) Arsari. Senin, (2/12/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO,PENAJAM -rela keluarkan uang miliaran rupiah bangun suaka orangutan, Hasyim: saya dapat kepuasan batin

Hasyim Djojohadikusumo dengan tegas menyatakan dirinya tidak mengkomersialisasi orangutan.

Diketahui, Senin (2/12/2019) adik Prabowo Subianto yang juga CEO PT ITCI Kartika Utama - Grup Arsari, lewat Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD) bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Timur, meresmikan Pusat Suaka Orangutan (PSO) Arsari.

"Kami sama sekali tidak ada tujuan komersialisasi. Justru ini biaya yang kami keluarkan sama sekali tidak ada returns," kata Hasyim pada awak media.

Hasyim mengaku tidak mengharapkan return atau hasil investasi sepeserpun. Justru dengan kegiatan pelestarian inilah, ia mendapat kepuasan batin tersendiri.

"Kami berbahagia dengan ini. Kami sama sekali tidak cari untung," imbuhnya.

Miliaran rupiah adalah angka yang Hasyim keluarkan untuk membangun dan melestarikan suaka orangutan.

PSO Arsari bukan pusat konservasi pertama yang Hasyim bangun. Sebelumnya, pihaknya sudah terlebih dahulu membangun tempat serupa, yang melestarikan kelangsungan hidup Harimau Sumatra.

"Dua tahun lalu kami bikin di Sumatera Barat, dan diresmikan oleh Ibu Menteri. Karena endemik Harimau Sumatra kita bikin di Sumatera, kali ini karena endemik Kalimantan, kita bikin di sini," terangnya.

Sementara itu, lokasi suaka khusus atau Panti Jompo Orangutan binaan Pusat Suaka Orangutan ( PSO ) Arsari bersinggungan langsung dengan master poin lokasi Ibu Kota Negara ( IKN ) baru di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pusat pemerintahan baru digadang kuat berlokasi di HGU milik negara, dibawah konsesi PT ITCI Hutani Manunggal ( IHM ). Hanya IHM yang menjadi lokasi IKN di Penajam Paser Utara, yang bersinggungan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara.

CEO PT ITCI Kartika Utama atau ITCI KU - Grup Arsari, sekaligus pimpinan Yayasan Arsari Djojohadikusumo (YAD), Hasyim Djojohadikusumo mengungkapkan, lokasi Panti Jompo orangutan nanti pasti bersinggungan langsung dengan lokasi IKN.

Baca juga; Update Klasemen Liga Italia Juventus Terpeleset Inter Milan Capolista, Lazio di 3 Besar, AC Milan?

Baca Juga; Hasil Liga Italia, AC Milan Akhirnya Menang, 3 Gol Lazio ke Gawang Udinese Bayangi Juventus

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved