Ibu Kota Baru

Bukan Ibu Kota Negara Saja, Presiden Jokowi Jadikan Tanjung Selor Kota Baru, Target Proyek 2020-2024

Pembentukan ibu kota baru negara Indonesia di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur juga dibarengi Tanjung Selor Kaltara

Bukan Ibu Kota Negara Saja, Presiden Jokowi Jadikan Tanjung Selor Kota Baru, Target Proyek 2020-2024
Dok Tribunkaltim.co
Kawasan Tugu Perdamaian yang merupakan landmark dari Kota Tanjung Selor, ibukota Kaltara atau di Kabupaten Bulungan juga tak luput dari banjir, di sekitar tahun 2015. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Ramai hingar bingar rencana pemindahan Ibu Kota Negara Indonesia dari Jakarta ke Kalimantan Timur terus mengemuka di permukaan publik. 

Proses pembentukan ibu kota baru negara Indonesia di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur merupakan konsentrasi Pemerintahan Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) bersama Wakil Presiden Maruf Amin

Program pemindahan Ibu Kota Negara, sepertinya akan dibarengi dengan proyek besar pembentukan kota bari di luar pulau Jawa dan Bali. 

Mengutip dari situs Kementerian Pekerjaan Umum Ciptakarya, terulis, pembentukan kota baru publik yang mandiri dan terpadu di sekitar kota.

Atau kawasan perkotaan metropolitan khususnya di luar Pulau Jawa – Bali merupakan sesuatu yang mendesak dan harus dilaksanakan sebagai keberpihakan bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah serta diarahkan sebagai pengendali (buffer) urbanisasi.

Masa Pemerintahan Jokowi - Maruf Amin periode 2020-2024 akan kembangkan kota baru.

Baca Juga:

 Kalimantan Paling Aman Bencana Gempa di Indonesia, Potensi Gempa Ibu Kota Baru RI di Bawah 5 SR

 Kemeriahan Imlek 2020 di Plaza Balikpapan, Pengunjung Membeludak, Antusias Swafoto dengan Barongsai

Yakni yang disebut adalah Kota Tanjung Selor di Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara. 

Menyadur dari Kementerian Pekerjaan Umum, deliniasi perencanaan kawasan Permukiman Kota Baru Tanjung Selor mengacu kepada deliniasi konsep awal masterplan Kota Baru Tanjung Selor, Kalimantan Utara.

Saat itu Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas dengan luas 7.942,89 hektar.

Halaman
1234
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved