Gempa 4,2 SR di Perairan Bontang, Begini Penjelasan BMKG

Beredar informasi terjadi gempa di perairan Bontang, Kalimantan Timur, Selasa (4/2/2020) malam. Gempa berkekuatan 4,2 SR terjadi di laut Bontang 18.53

Gempa 4,2 SR di Perairan Bontang, Begini Penjelasan BMKG
Dok Tribun
Perkiraan lokasi pusat gempa di tengah laut. 

TRIBUNKALTIM.CO, BONTANG - Beredar informasi telah terjadi gempa di perairan Bontang, Kalimantan Timur, Selasa (4/2/2020) malam.

Gempa dengan kekuatan 4,2 SR terjadi di laut Bontang pada 18.53 Wita, lokasi : 0.75 LU - 119.40 BT. Kepala BPBD Bontang, Ahmad Yani membenarkan informasi tersebut. "Siap. Benar informasi dari BMKG," katanya.

Lebih lanjut, kata Ahmad Yani, diketahui titik gempa berada 222 kilometer dari daratan. Sementara saat dikonfirmasi Mudjianto selaku Kepala Stasiun Geofisika Balikpapan membenarkan telah terjadi gempa.

"Dari data-data sensor seismik yang tercatat dan dianalisa dengan sistem proccesing seiscom P3 yang terinstall di STA geofisika Balikpapan," jelasnya.

Namun, dari pengamatan tribunkaltim.co, tak ada getaran yang dirasakan di darat Kota Bontang.

"Memang jauh. Sekitar 200 km dari daratan, di laut tengah-tengah antara Toli-Toli dan Sangkulirang, persis di tengah-tengahnya," katanya.

Baca Juga;

Mantan Walikota Balikpapan Wafat, Cerita Anak Buah Prabowo Subianto Diberi Beasiswa ke Australia

BREAKING NEWS Mantan Walikota Balikpapan Tjutjup Suparna Wafat Pukul 03.00 Wita di RSKD Balikpapan

Wanita Penyebar Berita Hoax Virus Corona Akhirnya Ditahan, Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara

Tjutjup Suparna Wafat, Wakil Walikota Rahmad Masud Merasa, Kota Balikpapan Tengah Kehilangan Tokoh

Saat ditanya apakah ada gempa susulan, Mudjiono mengatakan kecil kemungkinan. Gempa yang terjadi lantaran ada pelepasan energi kecil saja di laut. Namun, di pusat gempa masih diprediksi tejadi getaran aktif.

"Kecuali di darat, bisa dirasakan ( getaran ). Jaraknya jauh dari darat kecil kemungkinan terasa. Waspada saja dimonitor. Sampai saat ini gempa belum bisa diprediksi," imbaunya. (Tribunkaltim.co/Fachri)

Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved