Berita DPRD Kalimantan Timur

Putus Rantai Covid-19, Anggota DPRD Fitri Minta Masyarakat Proteksi Diri dengan Tetap di Rumah

Selain berharap wabah yang juga disebut COVID-19 ini segera berakhir, sejumlah imbauan juga ia sampaikan untuk membantu meredakan wabah ini

HUMAS DPRD KALTIM
Anggota Komisi IV DPRD Kaltim, Fitri Maisyaroh 

SAMARINDA - Anggota Komisi IV DPRD Kaltim asal Dapil Kota Balikpapan Fitri Maisyaroh mengaku prihatin atas wabah corona yang melanda seluruh dunia tak terkecuali Kalimantan Timur.

Selain berharap wabah yang juga disebut COVID-19 ini segera berakhir, sejumlah imbauan juga ia sampaikan untuk membantu meredakan wabah ini.

Sedikitnya, ada beberapa poin imbauan penting yang disampaikan Fitri Maisyaroh kepada warga Kaltim, mengingat wabah ini merupakan ujian yang berat dan harus dihadapi dengan sejumlah pencegahan agar tidak semakin menyebar.

Imbauan tersebut yakni jaga kebersihan, sesering mungkin mencuci tangan atau jaga dan rajin berwudhu bagi umat muslim, menjaga daya tahan tubuh dengan cara makan makanan bergizi seimbang, olahraga di rumah, tidur cukup dan berkualitas akan memberi dampak baik bagi imun, serta menutup hidung dan mulut ketika batuk atau bersin,” terang dia.

"Yang sangat penting saya tekankan adalah tetap bertahan di rumah kecuali untuk urusan yang sangat penting," sambungnya.

Lebih lanjut dikatakan Fitri, sapaan akrabnya, masyarakat juga diimbau untuk beribadah dan sholat di rumah, belajar di rumah dan bekerja dari rumah.

“Jikapun terpaksa keluar rumah, cukup diwakili satu orang anggota keluarga saja, serta jika memungkinkan, gunakan masker dan lakukan social distance atau jaga jarak,” bebernya.

Selain itu, hindari menyentuh fasilitas umum, belanja makanan dengan cara take away. Jangan berlama-lama saat belanja kebutuhan pokok di pasar dan ganti pakaian bila perlu mandi segera sesampainya di rumah.

"Proteksi diri dengan hindari melakukan pertemuan apapun yang menghadirkan banyak orang. Karena ada waktu inkubasi empat belas hari bagi virus ini. Bisa saja kita merasa sehat, jalan kemana-mana, padahal berpotensi menyebarkan virus atau terpapar virus," urainya.

Terakhir ia menyarankan jika terasa ada gejala demam, batuk, pilek setelah perjalanan dari daerah yg telah terpapar wabah corona, segera hubungi hotline covid-19 Kaltim melalui kontak masing2 kabupaten/kota.

Meskipun dikemudian hari jika ternyata teman, kolega atau tetangga ada yang positif corona. Fitiri menegaskan, bahwa hal itu bukan suatu aib yang harus disembunyikan, melainkan segera melaporkan kepada petugas medis untuk segera mendapatkan penanganan lebih lajut.

“Kita warga Kaltim harus saling bahu membahu menghadapi ini dengan cara tetap disiplin bertahan di rumah masing-masing. Medis berjuang di garda terdepan. Semoga Allah membalas perjuangan dan pengorbanan mereka dengan surga," ungkap Politikus PKS ini.

Dirinya juga bermunajat, semoga Allah melindungi semuanya dan menjauhkan Virus Corona ini dari kita semua. “Sambil terus mensupport agar Pemerintah membuat kebijakan terbaik untuk pencegahan dab penanggulangan wabah corona ini,” tandasnya. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved