Virus Corona di Balikpapan

Gara-gara Corona, Komisi II DPRD Balikpapan Prediksi Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 18.000 per Dollar

Gara-gara Corona, Komisi II DPRD Balikpapan Prediksi Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 18.000 per Dollar

Tribunkaltim.co/Zainul
Anggota komisi II DPRD Balikpapan, Nurhadi Saputra. Gara-gara Corona, Komisi II DPRD Balikpapan Prediksi Nilai Tukar Rupiah Tembus Rp 18.000 per Dollar 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Pandemi coronavirus disease atau covid-19 atau Virus Corona telah menyebar di banyak negara, termasuk Indonesia.

Penyebarannya sangat cepat, memberi dampak pada kondisi perekonomian.

Wabah covid-19 memunculkan dampak terhadap harga-harga kebutuhan pokok di Kota Balikpapan,  Kalimantan Timur meski tidak signifikan.

Namun, anggota komisi II DPRD Balikpapan Nurhadi Saputra tetap khawatir wabah ini berlanjut dan akan menggerus perekonomian.

Meski harga bahan pokok tidak mengalami lonjakan besar yang signifikan, Nurhadi masih mendengar keluhan masyarakat, terkait ada beberapa komoditi yang naik harga.

Hal tersebut tetap saja mengganggu masyarakat, apalagi jelang Ramadhan dan Idul Fitri 2020.

"Menjadi ujian luar biasa buat Pemerintah kita, termasuk pemerintah kota Balikpapan. Jujur komisi saya, komisi II banyak sekali PR, masalah perekonomian di Balikpapan. Termasuk sudah ada laporan masyarakat bahwa ada harga naik akibat kepanikan warga membeli barang atau panic buying," ujarnya, Jumat (27/3/2020).

Cegah Corona, Ketua KNPI Serukan Tutup Akses Keluar-Masuk Tarakan dan Jamin Kebutuhan Pangan Warga

Prabowo Subianto Larang Pegawai Kementerian Pertahanan Mudik, Bela Negara Atasi Virus Corona

Sejumlah bahan kebutuhan pokok mengalami kenaikan, di antaranya beras hingga gula pasir. Pria di lembaga legislatif yang membidangi masalah perekonomian tidak bisa berbuat banyak.

Apalagi kebijakan kerja di rumah atau work from home (WFH) yang dilakukan seluruh anggota dewan kota Balikpapan menghambat kerja pemantauan di lapangan.

Nurhadi juga mengkhawatirkan kondisi ini berlarut-larut sehingga berpotensi menimbulkan krisis. Apalagi kurs dollar Amerika terhadap rupiah pada hari ini mencapai Rp 16.144 per dollarnya.

"Saya pikir tidak mengguncang Balikpapan saja, tapi juga dunia. Bahkan kita melihat sendiri sekarang (konversi mata uang) sudah melonjak. Bisa saja nantinya diperkirakan menembus Rp 18.000," ucapnya. (*)

Unmul Samarinda Produksi 1.000 Liter Jamu, Didonasikan Buat Para Tim Medis yang Tangani Corona

Pemain Persib yang Terinfeksi Virus Corona Sempat Pulang Kampung Sebelum Dinyatakan Positif

A

Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved