Berita Pemkab Mahakam Ulu

Manfaatkan 4 Rumah Dinas Baru, Pemkab Mahulu Siapkan Ruang Isolasi untuk PDP Covid-19

Sementara 47 ODP masih karantina di rumah, apabila 4 gejala nya sudah muncul akan dinaikkan statusnya menjadi PDP

HUMASKAB MAHULU
Beginilah┬áruang isolasi bagi pasien Corona atau Covid-19 di Kabupaten Mahulu. Pemkab Mahulu harus memanfaatkan empat runas baru yang ada yang belum dioperasionalkan sebagai ruang isolasi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19. 

UJOH BILANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu melalui Tim Gerak Cepat (TGC) pencegahan Covid - 19 telah menyiapkan ruang isolasi khusus bagi pasien yang terjangkit Covid-19.

Persiapan ruang isolasi tersebut merupakan antisipasi TGS yang bertujuan untuk menampung pasien, jika terjadinya perubahan status dari Orang Dalam Pengawasan (ODP) menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Kelurga Berencana (DP2KB) Drg. Agustinus Teguh Santoso,M.Adm,Kes, yang juga ketua TGC Mahulu mengatakan ruang isolasi tak hanya berada di Rumah Sakit saja, melainkan juga di seluruh Puskesmas di 5 Kecamatan dalam wilayah Mahulu.

"Semua Puskesmas sudah kita intruksikan untuk menyiapkan ruang isolasi kalau ada PDP di wilayahnya masing-masing dengan memanfaatkan sarana yang ada, seperti Rumah Dinas yang baru dibangun tapi belum dipakai, menyiapkan ruangan tersendiri yang terpisah dari ruang perawatan umum,"terangnya.

Ia menambahkan, Rumah Sakit Gerbang Sehat Mahulu (GSM) yang ada di Ibukota kabupaten, memanfaatkan 4 rumah dinas baru yang belum dioperasionalkan sebagai Rumah Isolasi Pasien.

"Menggunakan 4 rumah dinas baru dengan kapasitas 20 kamar untuk rumah isolasi, selain itu juga menyiapkan BLK sebagai tempat isolasi tambahan bila terjadi kekurangan ruang di RS GSM,"ungkapnya.

Dikatakan Agustinus Teguh Santoso lebih lanjut, TGC Mahulu terus melakukan pemantauan terhadap masyarakat, terutama perkembangan 47 ODP di Mahulu.

"Sementara 47 ODP masih karantina di rumah, apabila 4 gejala nya sudah muncul akan dinaikkan statusnya menjadi PDP dan akan dirawat atau di isolasi di Rumah Sakit atau Puskesmas,"jelasnya. (adv/HMS11/td)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved