PLN UIP Kalbagtim

PLN Menjaga Pasokan Daya Dalam Masa Antisipasi Corona

PLN mematuhi dan melaksanakan segala bentuk panduan tentang penanggulangan pandemi corona yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan

HO - PLN Kalbagtim
PLN telah melaksanakan prosedur pencegahan bagi setiap pekerja di lingkungan pembangkit. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sistem kelistrikan Berau yang saat ini di supply dari empat pembangkit, yaitu PLTU Lati 15 MW, PLTD Sambaliung 6,2 MW, PLTD Kaltimex 2,4 MW dan PLTU Berau (unit 2) sebesar 7 MW sehingga menghasilkan total daya 30,6 MW yang dapat digunakan untuk melayani kebutuhan listrik di wilayah Kabupaten Berau.

Dari total daya yang dihasilkan pada sistem kelistrikan Berau, hingga saat ini beban puncak tertinggi yang pernah tercatat mencapai 27,3 MW.

Dengan hal tersebut, sistem kelistrikan Berau memiliki cadangan daya 3,3 MW.

PLTU Berau Unit 2 saat ini telah dioperasikan oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkit dan Penyaluran (PLN UIKL) Kalimantan dalam hal ini PT Cogindo sejak 18 Oktober 2019 dengan menyuplai daya sebesar 7 MW untuk memperkuat sistem kelistrikan di Berau dimana saat itu terjadi defisit daya listrik yang disebabkan Instrusi air laut yang membuat sumber air sungai sebagai bahan baku pengoperasian pembangkit menjadi asin sehingga memaksa PLTU Lati mengurangi beban pengoperasian unit.

Jangan Lengah Ancaman DBD Intip Warga Bontang di Balik Covid-19, Begini Penjelasan Walikota Neni

Agar Badan Tetap Bugar Selama Pandemi Covid-19, Polisi dan Wartawan Balikpapan Lakukan Senam Bersama

Lawan Virus Corona, Realokasi Anggaran Penanganan Covid-19 di Mahakam Ulu, Guyur Dana Rp 10 Miliar

Ini Jadwal Tayang 9 Drama Korea Terbaru April 2020, Lee Min Ho Comeback, Pas buat Teman #dirumahaja

General Manager PT PLN (Persero) UIP Kalbagtim menjelaskan, untuk PLTU Berau unit 1 telah menyelesaikan rangkaian pengujian pengoperasian pada 23 Maret lalu, untuk selanjutnya tinggal menunggu terbitnya Sertifikat Laik Operasi (SLO) sehingga dapat di operasikan ke sistem kelistrikan di Berau.

Dalam beberapa waktu belakangan ini, pandemi corona terus merebak untuk seluruh wilayah di Indonesia dimana saat ini Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah mengeluarkan kebijakan terkait pembatasan aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara berkumpul (sosial distancing).

Hal ini juga mempengaruhi penyelesaian unit 1 PLTU Berau. Namun demikian PLN bersama beberapa instansi baik internal maupun eksternal, seperti PLN Pusat Sertifikasi dan Dirjen Ketenagalistrikan tetap melakukan koordinasi guna upaya penerbitan SLO Pembangkit ini dapat segera terbit.

"Saat ini pelaksanaan pekerjaan dan pengoperasian pembangkit tetap dilaksanakan dengan memastikan PLN mematuhi dan melaksanakan segala bentuk panduan tentang penanggulangan pandemi corona yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan perusahaan," katanya.

Pada masa antisipasi wabah corona ini, PLN telah melaksanakan prosedur pencegahan bagi setiap pekerja di lingkungan pembangkit, seperti melakukan pengecekan kesehatan dan suhu tubuh pekerja, kewajiban penggunaan masker, melakukan penyemprotan disinfektan di ruangan hingga mengedukasi pekerja tentang social distancing untuk tidak berkumpul dalam satu titik.

“PLN turut mendukung upaya pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran virus, dan PLN akan tetap memberikan pelayanan terbaiknya,” ujar Ramadhansyah.

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Ardian Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved