Breaking News:

Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam di Balikpapan Turun Rp 10 Ribu, Tapi Pembeli Jarang Keluar Rumah

Jelang Ramadan, beberapa barang kebutuhan pokok dikhawatirkan warga mengalami kenaikan, salah satunya daging ayam. Namun dari pantauan Dinas Perdagan

TRIBUNKALTIM.CO/ RISNAWATI
Ilustrasi Pedagang ayam di Pasar Sepinggan, Balikpapan. Harga daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Balikpapan turun hingga Rp 10.000. 

TRIBUNKALTIM.CO,BALIKPAPAN- Jelang Ramadan, beberapa barang kebutuhan pokok dikhawatirkan warga mengalami kenaikan, salah satunya daging ayam.

Namun dari pantauan Dinas Perdagangan Balikpapan di sejumlah pasar tradisional, harga daging ayam justru turun hingga Rp 10 ribu.

Kendati demikian, penurunan harga daging ayam tidak lantas malah diburu pembeli. Pedagang ayam potong mengeluhkan, sepi pembeli karena banyak warga memilih berdiam diri di rumah. 

Harga ayam di pasaran Kota Balikpapan, Kalimantan Timur stabil. Begitu juga dengan beberapa komoditi lainnya jelang bulan suci Ramadhan.

Berbeda dengan daerah lain di pulau Jawa yang harga ayamnya anjlok, Pemerintah Kota Balikpapan justru menjaga agar komoditas stabil.

Meski tidak menutup kemungkinan harganya akan fluktuatif.

Harga daging ayam boiler atau daging ayam potong di pasar tradisional Rapak Plaza berukuran besar 2,5 kilogram, sebelumnya seharga Rp 60.000 hingga Rp 65.000, saat ini dihargai Rp 50.000 hingga Rp 53.000.

"Ayam berukuran sedang lebih dari 1 kilogram juga turun Rp 10.000, saat ini harga jualnya Rp 35.000," kata pedagang ayam Kasmiyati (62), Rabu (22/4/2020).

Kasmiyati menyebut, penurunan harga tidak berdampak pada pembelian oleh konsumen.

Masyarakat yang jarang keluar rumah, menyebabkan permintaan akan komoditi tersebut menurun.

"Permintaan sedikit, pembelinya tidak ada. Jadi harganya menurun juga," tambahnya.

Di Sangatta Kutai Timur Pasar Ramadan Boleh Diadakan Tapi Ini Syaratnya

Harga Gula Naik Rp 20 Ribu/Kg, Disperindag Kutim Datangkan Gula Pasir dan Bawang Putih dari China

Belum lagi rumah-rumah makan yang juga sepi pengunjung. "Sejak Virus Corona, permintaan sudah menurun. Tapi Alhamdulillah tetap disyukuri, yang penting ada pemasukan meski tidak banyak," ungkapnya.

Dikutip dari data Dinas Perdagangan Kota Balikpapan permintaan 22 April 2020, harga daging ayam di Pasar Klandasan Rp 25.000 per kilogram, pasar Pandansari Rp 23.000, Pasar Baru dan Muara Rapak Rp 24.000, serta Pasar Sepinggan dan Pasar Segar Rp 25.000.

"Tidak ada perubahan harga rata-rata hari ini dan hari sebelumnya, yakni Rp24.333," ungkap Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perdagangan Balikpapan, Irawan. (*)

Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved