Para Duta Genre Kukar Berbagi Ilmu Melalui Diskusi Online di Kota Raja Channel

Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Kartanegara atau Diskominfo Kukar kembali menggelar diskusi online melalui Kota Raja Channel.

TRIBUNKALTIM.CO, CHRISTOPER D
Tangkapan layar diskusi dan sharing online melalui Kota Raja Channel yang digagas oleh Diskominfo Kukar, Minggu (26/4/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Dinas Komunikasi dan Informatika Kutai Kartanegara atau Diskominfo Kukar kembali menggelar diskusi online melalui Kota Raja Channel.

Pada edisi Minggu (26/4/2020) hari ini, Kota Raja Channel mengundang sejumlah narasumber inspiratif, yakni duta Generasi Berencana atau Duta Genre Kukar di antaranya Kurniawan Aldo dan Aura Nur Octavia dari MAN II Tenggarong, dan Nico Prayuda dari SMA Negeri II Tenggarong, serta Shanti Agustini sebagai guru pendamping, dipandu Indah sebagai host pada edisi kali ini.

Tema yang  dibawakan dalam diskusi, sekaligus sharing tersebut yakni 'Tenggarong Kota Layak Anak, Peran Genre dan Konselor Sebaya.

Aldo menjelaskan, adanya Genre memang dikhusukan untuk remaja, terutama untuk pembentukan karakter agar bisa menjadi generasi yang berencana, dan berkualitas.

"Sejak dini sudah dipersiapkan jadi generasi yang berkualitas, dan kita juga dituntut agar bisa menjadi contoh dan memotivasi teman-teman remaja lainnya," ucapnya, Minggu (26/4/2020).

PIK R Menolak Narkotika, Nikah Dini dan Pergaulan Bebas, Generasi Muda Harus Berwawasan Genre

Duta GenRe Balikpapan Ini, Ibunya Selalu Kuat Feelingnya, Jangan Takut untuk Bermimpi

Ruddyansyah Duta GenRe Balikpapan 2019, Ingin Terus Berkontribusi di Masyarakat

Senada dengan Aldo, Nica juga menilai dengan adanya Genre ini dapat mempersiapkan para remaja dimasa mendatang memiliki rencana maupun tujuan untuk menjadi generasi yang berkualitas.

Aura menambahkan, agar generasi seusianya tidak salah melangkah dalam mengambil keputusan, terutama yang berkaitan dengan pernikahan. Dirinya menjelaskan sesuai aturan yang berlaku, usia minimal untuk melangsungkan pernikahan bagi laki-laki yakni umur 25 tahun, sedangkan perempuan 21 tahun.

"Sesuai aturan, dan penelitian yang ada, Ini merupakan usia masa dewasa, lalu memiliki perekonomian yang sudah berkembang, dan memiliki kesehatan fisik yang kaitannya dengan organ reproduksi, serta psikologis," tuturnya.

Selain Genre, juga terdapat dokter Gen Z yang merupakan portal informasi terpercaya, salah satunya berisi mengenai kesehatan reproduksi. Dengan adanya portal tersebut dinilai dapat menekan penyebaran informasi hoax.

"Jika ada informasi berbau hoax, kami akan lakukan penyaringan, lalu kami keluarkan informasi yang benar melalui portal tersebut, disajikan dengan kalimat yang ringan dan mudah dipahami," jelasnya.

Di portal tersebut juga tersedia live chat yang dapat dimanfaatkan oleh para remaja untuk sekedar curhat, maupun sharing yang akan ditanggapi langsung oleh para ahli.

"Jika ada keluhan, maupun pertanyaan bisa memanfaatkan live chat yang tersedia, nantinya akan langsung dijawab oleh para ahli. Dan, jika karya tulis yang ingin diupload di portal tersebut, nantinya akan kami fasilitasi dengan menguploadkan tulisan tersebut," tuturnya.

Ruddyansyah Duta Genre Balikpapan Siapkan Lomba Genfacation, Ini Tips Agar Berani Tampil

Penilaian Pengunjung Bazar Buku Big Bad Wolf Balikpapan, Buku Genre Dewasa Kurang Up to Date

Untuk diketahui, Genre merupakan program dari BKKBN sebagai respon permasalahan remaja saat ini. Genre dikembangkan dalam rangkan menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman pendewasaan usia perkawinan guna dapat menjalankan pendidikan, berkarir, menikah dengan terencana.

Program Genre mengedepankan pembentukan karakter dikalangan generasi muda. Selain itu, Genre juga wadah dan mengajarkan generasi muda untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah, dan napza.

Pada program Genre juga dikembangkan sejumlah materi, diantaranya kesehatan reproduksi remaja, life skill, penyiapan kehidupan berkeluarga, serta kependudukan dan pembanguan keluarga. (*)

Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved