Virus Corona di PPU

Pandemi Corona, Pembebasan Lahan Bendungan Sepaku-Semoi di Lokasi IKN Kabupaten PPU Ditunda

Rencana pembebasan lahan lokasi pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara atau PPU ditunda selama pandemi

TRIBUNKALTIM.CO, EVI ROHMATUL AINI
Setelah tinjau Tol Balikpapan Samarinda, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono meninjau Bendungan Sepaku Semoi yang rencananya akan dibebaskan dengan rencana anggranan Rp 700 Miliar 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Rencana pembebasan lahan lokasi pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi di Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara atau PPU ditunda selama pandemi covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Pembangunan Setkab PPU, Nicko Herlambang kepada awak media belum lama ini.

Dikatakan Nicko, bendungan yang difungsikan untuk memenuhi kebutuhan air bersih jelang persiapan pemindahan Ibu Kota Negara atau IKN untuk sementara ditunda. Bahkan, Badan Pertanahan Nasional (BPN) pusat menginstruksikan seluruh kegiatan lapangan ditunda selama pandemi Covid-19.

“Penundaan kegiatan lapangan itu berdampak pada pembebasan lahan lokasi proyek pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi yang memasuki tahapan sosialisasi, juga ditangguhkan,” ujarnya.

Nicko menjelaskan, anggaran pembebasan lahan proyek pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi di wilayah Kecamatan Sepaku sekitar Rp 80 miliar untuk seluar 36 hektar dan sumber anggarannya tersebut adalah APBN 2020.

THR Bagi Tenaga Honorer di Penajam Paser Utara, Setkab PPU akan Lihat Kemampuan Anggaran

Pemkab PPU Belum Pastikan THL Dapat THR Tahun Ini, Tahun Lalu Diberikan Rp 1 Juta

Kapolres PPU Beri Bantuan Sembako untuk Korban Banjir Nenang dan Lawe-Lawe

"Kalau hasil identifikasi, ada sekitar delapan kepala keluarga ( KK ) yang menguasai lahan 36 hektare itu, tapi pembebasannya masih di tunda,” ungkapnya.

Selain itu ucap dia, kendala pada kondisi pandemi corona tersebut adalah belum dapat dan belum boleh mengumpulkan warga untuk melakukan sosialisasi perihal rencana pembebasan lahan bendungan tersebut.

Ia membeberkan, luasan pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi tersebut mencapai sekitar 378 hektare yang terdiri dari 36 hektare untuk tubuh bendungan dan luas genangan sekitar 342 hektare dengan daya tampung sekitar 11,6 juta meter kubik dan debit 2.400 liter per detik.

“Lokasinya itu di Desa Tengin Baru, Desa Argomulyo dan Desa Sukomulyo,” pungkasnya.(*)

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di PPU

Penulis: Aris Joni
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved