Ramadhan

Nuzulul Quran Malam Ini 17 Ramadhan 1441 H / Sabtu 9 Mei 2020, Ini Doa dan Amalan yang Dianjurkan

Nuzulul Quran malam ini, 17 Ramadhan 1441 H atau Sabtu 9 Mei 2020, Ini sejumlah doa dan amalan yang dianjurkan

Ilustrasi canva/tribunkaltim
Ilustrasi. Pada malam hari ini tepat 17 Ramadhan 1441 H atau Sabtu 9 Mei 2020 malam adalah malam Nuzulul Quran, berikut sejumlah doa dan amalan yang dianjurkan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pada malam hari ini tepat 17 Ramadhan 1441 H atau Sabtu 9 Mei 2020 malam adalah malam Nuzulul Quran, berikut sejumlah doa dan amalan yang dianjurkan. 

Malam Nuzulul Quran adalah momen peringatan peristiwa turunnya al Quran pertama kali ke bumi yang disampaikan Malaikat Jibril ke Nabi Muhammad SAW.

Bagi kebanyakan masyarakat Indonesia, Malam Nuzulul Quran umumnya diisi dengan beragam kegiatan, khususnya membaca Al Quran.

Al Quran diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Kemudian diturunkan berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad S.A.W. Surat Al Quran pertama kali turun ke bumi yaitu Surat Al Alaq ayat 1-5.

Mengutip dari nu.or.id, Allah SWT berfirman

إِنَّا أَنزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ. وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ. لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْرٍ. تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِم مِّن كُلِّ أَمْرٍ. سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya:

"Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al-Qadr 1-5).

Al Quran diturunkan ke bumi berangsur-angsur pada Nabi Muhammad S.A.W. Al Quran turun ke bumi membutuhkan waktu sekitar 23 tahun.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved