Berita Pemkab Berau

Tak Perlu Kirim ke Surabaya, Bupati Pastikan Kesiapan Lab Uji Swab Corona di RSUD Abdul Rivai

jika alat ini sudah tersedia maka hasil uji swab -- guna mengetahui pasien positif atau negatif Corona -- bisa diketahui lebih cepat

HUMASKAB BERAU
KESIAPAN RSUD - Bupati Berau Muharram bersama pejbat terkait meninjau kesiapan RSUD Abdul Rivai Tanjung Redeb, Senin (11/5/2020). RSUD ini akan dijadikan laboratorium pemeriksaan PCR. Ada beberapa syarat, diantaranya harus memeiliki APD lengkap, harus memiliki PCM (alat seperti mikroskop) dan ruangan bertekanan negatif. 

TANJUNG REDEB - Bupati Berau Muharram selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Berau bersama pejabat terkait, Senin (11/5/2020), meninjau RSUD Abdul Rivai Tanjung Redeb.

Peninjauan dilakukan guna memastikan kesiapan ruangan yang akan dijadikan laboratorium, seiring dengan rencana datangnya alat pemeriksa uji swab pasien Covid-19 dan PCM (alat seperti mikroskop} yang akan ditempatkan di Kabupaten Berau.

Sehingga jika alat ini sudah tersedia maka hasil uji swab -- guna mengetahui pasien positif atau negatif Corona -- bisa diketahui lebih cepat. Selama ini sampel-sampel itu harus dikirim ke Surabaya, sehingga hasilnya perlu  waktu lebih lama. 

tidak lagi terlalu lama untuk uji swab kontrol yang selama ini harus dikirim ke Surabaya.

Kabupaten Berau dikatakan Muharram telah ditetapkan Kementerian Kesehatan sebagai salah satu daerah yang akan dibantu fasilitas pemeriksaan ini. Sehingga di Kabupaten Berau akan bisa mendeteksi adanya virus corona.

Dengan adanya alat ini akan lebih memudahkan pemeriksaan dimana dalam waktu sekali jalan bisa langsung memeriksa 4 sampel, dengan kurun waktu 2 jam.

“Jadi sudah ada surat keputusan, Berau menjadi salah satu daerah yang akan dibantu dengan alat ini,” jelasnya.

Selain itu di RSUD Abdul Rivai, Bupati Muharram juga memastikan kesiapan penambahan ruang isolasi bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Untuk memastikan pelayanan, saat ini ruang dahlia yang sebelumnya diperuntukkan bagi pasien umum, dibenahi dan dipersiapkan untuk ruang rawat inap pasien positif covis-19. Ada 28 tempat tidur yang menjadi tambahan.

Hal ini untuk mengantisipasi jika dalam beberapa hari kedepan ada penambahan dan kesiapan ruangan ini juga diharapkan bisa segera selesai dalam beberapa hari kedepan.

Halaman
12
Tags
PCR
PCM
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved