Kapasitas Sel Tahanan Polresta Samarinda Membengkak 2 Kali Lipat Selama Covid-19

Dua bulan berlalu sejak ditetapkannya kondisi darurat pandemi Virus Corona ( covid-19 ) di Kota Tepian pada Rabu (18/3/2020) lalu. Kondisi ini tak ha

TRIBUNKALTIM.CO/BUDI DWI PRASETIYO
Para tahanan memasuki ruang sel yang idealnya berisi 70 orang, namun harus berisikan 175 orang, karena penetapan ini sesuai dengan surat keputusan Nomor M.HH.PK.01.01.01-04 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI). Jumat (29/5/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Dua bulan berlalu sejak ditetapkannya kondisi darurat pandemi Virus Corona ( covid-19 ) di Kota Tepian pada Rabu (18/3/2020) lalu.

Kondisi ini tak hanya berimbas ke kehidupan masyarakat umum, tapi juga berdampak pada kapasitas sel tahanan Polresta Samarinda maupun polsek jajarannya yang telah membengkak hingga dua kali lipat.

Tak diperkenankannya mengirim tahanan ini sesuai dengan surat keputusan Nomor M.HH.PK.01.01.01-04 dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia ( Kemenkumham ) Republik Indonesia (RI), tentang penundaan sementara pengiriman tahanan ke Rumah Tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Kepala Satuan (Kasat) Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polresta Samarinda, Iptu Ketut Witana melalui telpon selulernya, Jumat (29/5/2020), mengatakan kalau saat ini jumlah tahanan di polres berkisar 175 orang.

Baca juga: 200 Warga Binaan Lapas Balikpapan Jalani Rapid Test Covid-19, Napi Usia Lanjut Jadi Prioritas

"Ideal sesuai volume di polres seharusnya hanya 70 orang saja. Untuk di polsekta rata-rata over kapasitas itu dua kali lipat semuanya," ungkapnya.

Meski tak mengetahui pasti jumlah ideal di setiap sel tahanan polsek jajaran, namun Ketut menyebut kalau laporan yang diterimanya mengenai angka keseluruhan, yakni sebanyak 329 tahanan.

"Untuk di polsek jajaran, rinciannya sekitar 154 untuk keseluruhannya," imbuhnya.

Dia menjelaskan, pihaknya telah mencoba mengajukan usulan pemberian ruang tahanan baru dengan mengalihfungsikan sebagian, untuk menjaga ketertiban dan keamanan para penghuni sel tahanan.

"Saya sudah koordinasi ke pak Kapolresta dan beliau yang lebih tau soal itu," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Budi Dwi Prasetiyo
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved