Hari Lahir Pancasila

1 Juni Hari Lahir Pancasila, Ini Sejarahnya, Dimulai Pidato Soekarno, Bukan Hari Kesaktian Pancasila

Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, ini sejarahnya, dimulai dari pidato Soekarno, bukan Hari Kesaktian Pancasia, simak bedanya

Freepik
Ilustrasi. Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, ini sejarahnya, dimulai dari pidato Soekarno, bukan Hari Kesaktian Pancasila, simak perbedaannya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, ini sejarahnya, dimulai dari pidato Soekarno, bukan Hari Kesaktian Pancasila, simak perbedaannya.

Sama-sama peringatan Pancasila, namun Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, sementara Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober

Diperingati setiap tanggal 1 Juni, Pancasila bermula dari pidato Soekarno di tahun 1945 di mana Pancasila ada judul pidato tersebut. 

Diawali, adanya Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang mengadakan sidang pertama.

Sidang pertama, dimulai pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945, sebagaimana dilansir semarangkota.go.id.

Lalu bagaimana sejarah Hari Lahir Pancasila?

Pada waktu itu, rumusan Pancasila berdasarkan pidato Bung Karno dirapatkan di gedung Chuo Sangi In, Jalan Pejambon 6 Jakarta yang kini dikenal sebutan Gedung Pancasila.

Setelah beberapa hari, pada 1 Juni 1945, Soekarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasannya.

Ia menyampaikan gagasan tentang dasar negara Indonesia merdeka, yang dinamakan Pancasila.

Pidato yang tidak dipersiapkan secara tertulis terlebih dahulu itu diterima secara aklamasi oleh segenap anggota BPUPKI.

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved