3.595 Naker di Balikpapan Daftar Program Kartu Prakerja, Paling Tinggi se-Kalimantan Timur

Memasuki bulan ketiga masa pandemi Virus Corona ( covid-19 ), data tenaga kerja (naker) terdampak di Kota Balikpapan masih tinggi, yakni mencapai 6.42

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Plt Kepala Dinas Kerenagakerjaan, Arbain Side menyampaikan, dari jumlah 3.709 naker yang mendaftar program kartu prakerja secara online, hanya 114 naker saja yang NIK-nya tak terdaftar. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Memasuki bulan ketiga masa pandemi Virus Corona ( covid-19 ), data tenaga kerja (naker) terdampak di Kota Balikpapan masih tinggi, yakni mencapai 6.421 naker.

Angka tersebut merupakan jumlah gabungan dari naker yang mengalami PHK dan naker yang dirumahkan. Jika dirinci, jumlah naker yang dirumahkan mencapai 5.434, sedangkan yang terkena PHK ada 987 naker.

Sebagai upaya mengatasi hal ini, Kementerian pun membuka program kartu prakerja yang dibuka secara online. Di mana data naker terdampak akan langsung dikirim ke Pemerintah Pusat.

Dari data yang dihimpun di Kota Balikpapan sudah mencapai 3.709 naker yang melakukan pendaftaran kartu prakerja secara online.

Plt Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Balikpapan, Arbain Side mengatakan, dari jumlah 3.709 naker, hanya 114 naker saja yang NIK-nya tak terdaftar.

Baca juga: Wilayah Anies Sudah Terkendali, 3 Provinsi dengan Tingkat Penularan Corona Tinggi Ini Disorot Jokowi

Baca juga: Haji 2020 Dibatalkan, Wabup Sebut Corona Bisa Menular ke Jamaah, Berharap Mengerti dan Sabar

"Saya sudah kordinasi juga dengan Disdukcapil, jadi yang resmi terdaftar di pusat melalui Kementerian Perekonomian, yakni 3.595 naker telah mendaftar melalui online," ujarnya, Jumat (5/6/2020).

"Dan Alhamdulillah angka di Balikpapan ini paling tinggi se-Kalimantan Timur yang diterima untuk dapat prakerja," ujarnya.

Sementara itu, sejak 30 April lalu masa pendaftaran kartu prakerja sudah tak dibuka lagi.

Namun, Arbain Side optimistis masih ada tahap selanjutnya. Pasalnya, kementerian telah menyebut akan membuka kesempatan hingga 34 tahapan.

"Kami melakukan koordinasi ke kementerian atau provinsi. Mereka ini sekarang para naker juga masih menunggu nomor rekening keseluruhan," tuturnya.

Baca juga: Dokter Bocorkan Resep Sederhana Pasien Tertua Virus Corona Sembuh dari Covid-19, Umur 105 Tahun

Baca juga: Di Mata Najwa,Gus Miftah Blak-blakan Kritik Berdamai dengan Virus Corona ala Jokowi, Alasan Mirip JK

Baca juga: Kisah Pasien Positif Covid-19 yang Sembuh dari Berau, Akui Hanya Bisa Pasrah dan Banyak Beribadah

Arbain Side menerangkan, nantinya dana akan masuk ke rekening naker Balikpapan yang telah terdaftar, termasuk rekening pendaftar se-Indonesia.

Adapun persyaratan untuk bisa mendapat kartu prakerja ini di antaranya adalah diperuntukkan bagi naker terdampak pandemi covid-19, dirumahkan atau ter-PHK.

"Program kegiatan lebih lanjut kementerian. Kan memang ada kegiatan yang saat ini tertunda. Pelatihan rencananya kami coba saat kondisi sudah aman di Balikpapan," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved