Breaking News:

Berita Pemkab MAhakam Ulu

Bupati Resmikan Gedung PAUD dan Rumah Layak Huni Kampung Datah Naha, Dibiayai Dana Kampung

“Jadi apa yang telah dibangun oleh Petinggi Datah Naha, sangat kami apresiasi. Ini menggunakan alokasi dana kampungnya

HUMASKAB MAHULU
GEDUNG PAUD - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh SH menggunting pita saat meresmikan pemanfaatan gedung PAUD Kasih Bunda di Kampung Datah Naha, Kecamatan Long Pahangai, Kamis (4/6/2020). 

UJOH BILANG – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH meresmikan pemanfaatan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kasih Bunda dan Rumah Layak Huni di Kampung Datah Naha, Kamis (4/6/2020). Pembangunan fasilitas ini menggunakan Dana Kampung Tahun Anggaran 2019.

Dalam sambutannya Bupati menuturkan, sarana pendidikan di tingkat kampung yaitu PAUD merupakan arahan dari pemerintah pusat agar, di tingkat kampung harus ada sarana pendidikan sejak dini. Maka dananya yang bersumber dari APBD sebesar dua puluh persen dianggarkan untuk pendidikan.

“Jadi apa yang telah dibangun oleh Petinggi Datah Naha, sangat kami apresiasi. Ini menggunakan alokasi dana kampungnya sebagian untuk membangun gedung PAUD, dengan tujuan membangun sumber daya manusia sejak usia dini,” ucap Bupati.

Bupati juga berpesan, dalam proses tahapan pembangunan sarana dan prasarana yang berada di kampung, sebelum membuka lahan atau lokasinya harus benar-benar bebas konflik, jangan sampai setelah dilakukan pembangunan terjadi masalah di kemudian hari.

“Kemudian nanti dalam pengoperasionalnya, PAUD yang telah dibangun untuk mencetak SDM bagi Kabupaten Mahulu, benar-benar memiliki standar kualitas yang baik demi kemajuan kabupaten khususnya bagi kampung itu sendiri,” harap Bupati.

KUNCI RUMAH – Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH menyerahkan kunci rumah layak huni kepada warga di Kecamatan Long Pahangai, Kamis (4/6/2020).
KUNCI RUMAH – Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH menyerahkan kunci rumah layak huni kepada warga di Kecamatan Long Pahangai, Kamis (4/6/2020). (HUMASKAB MAHULU)

Selain itu, lanjut Bupati, ada juga bantuan kepada masyarakat yang tidak mampu untuk bangun rumah. Atas dasar itulah aparatur kampung membangunkan rumah layak huni, tentunya dengan ketentuan yang berlaku.

“Ini semua dalam upaya kita dan kepedulian pemerintah, dalam rangka menyamaratakan pembangunan sehingga dapat dirasakan oleh masyarakat terutama berkategori tidak mampu. Semoga dengan telah diresmikannya beberapa bangunan ini, dapat benar-benar bermanfaat bagi masyarakat,” kata Bupati.

Petinggi Kampung Alexius Lejiu Ding menyampaikan, ada dua prasarana yang selesai pada Tahun Anggaran 2019, yaitu PAUD Kasih Bunda dan Rumah Layak Huni Kampung Datah Naha yang baru diresmikan pada 2020 ini.

“Selain itu ada juga kegiatan kampung yang sudah selesai 100 persen, baik itu yang bersumber dari APBN, Bankeu dan APBD. Yaitu semenisasi jalan poros utama Kampung Datah Naha dengan ukuran 320 meter bersumber ADD, yang dari ADK 179 meter dengan lebar 4 meter,” jelasnya.

Pada kesempatan ini juga Petinggi mewakili seluruh masyarakat Kampung Datah Naha menyampaikan terimakasih kepada pemda yang telah memberikan bantuan ini. “Apalagi bagi masyarakat yang tidak mampu untuk membangun rumah tempat tinggalnya sendiri, merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan, mereka bisa tinggal di tempat yang layak dan nyaman,”ungkap Petinggi.

Turut hadir pada kegitan tersebut Wakil Ketua Komisi III DPRD Mahulu Geh Luhat, Kabag Umum Setkab FX Lawing, Kabid Pemerintahan Kampung DPMK Surianto SE, Kapolsek Long Pahangai Ipda Sumanta, Danramil Long Pahangai Mayor Infanteri Sukatma serta, Pertinggi se-Kecamatan Long Pahangai dan unsur Kepala Adat. (adv/hms8/td)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved