Breaking News:

Virus Corona

Dokter Tulis Aku Kuat di Baju Hazmat, Begini Faktanya

Hampir empat bulan mereka terus berjibaku dengan kondisi ini. Mata mereka terlihat lelah, namun wajahnya sumringah. Senin (15/6/2020)

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - PANDEMI Covid-19 belum usai. Hari demi hari jumlah kasus pasien terkonfirmasi positif di Indonesia justru terus bertambah.

Tak dipungkiri para dokter, perawat, maupun tenaga medis pun kian hari makin lelah. Apalagi  rutinitas mereka yang wajib mengenakan baju hazmat tak bisa dipisahkan ketika hendak bertemu  pasien Covid-19.

Hampir empat bulan mereka terus berjibaku dengan kondisi ini. Mata mereka terlihat lelah, namun wajahnya sumringah. Senin (15/6/2020), Tribun Kaltim berkesempatan melihat ruang kerja mereka.

Dengan memakai alat pelindung diri lengkap, Tribun Kaltim  memasuki ruang isolasi salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19 di Balikpapan, Kalimantan Timur itu. Ya, tepatnya di RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD).

Rumah sakit ini memiliki sejumlah ruang isolasi dengan 80 kapasitas bed untuk menampung pasien Covid-19. 

Ada ruang Mawar digunakan untuk pasien PDP, Soka untuk pasien positif Covid-19, Kemuning sebagai ruang isolasi tambahan, serta ICU sebagai tempat pasien Covid yang membutuhkan penanganan ekstra.

"Jadi inilah ruangan kami di RSKD untuk merawat pasien Covid-19. Kalau masuk pun tidak gampang. Ada tiga lapis pintu yang sudah disesuaikan dengan zonanya," tutur Wakil Direktur Pelayanan, dr Achmad Zuhro Ma'ruf, saat mendampingi Tribun Kaltim berkeliling ruang isolasi.

Semua ruang isolasi di RSKD yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19, telah memiliki alat untuk menyaring udara bertekanan negatif, yakni hepafilter atau biasa dikenal dengan Exhaust Fan.

Dari pengamatan, setiap kamar memiliki dua alat ini. Satu tertempel di dinding untuk menyerap udara dan menyaringnya keluar.

Dan satu lagi menjadi alat sirkulasi di dalam ruangan. Yang membedakan ruang isolasi dengan ruang rawat inap biasa hanyalah alat itu. Semua fasilitas, tempat tidur, televisi, dan pendingin ruangan tersedia.

Halaman
1234
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: ade mayasanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved