Breaking News:

Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam Kukar Masuk Top 99 Pelayanan Publik

Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam di Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ) Provinsi Kalimantan Timur

Penulis: Sapri Maulana | Editor: Budi Susilo
HO/PEMKAB KUKAR
Kelola listrik Komunal Muara Enggelam di Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG – Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam di Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara ( Kukar ) Provinsi Kalimantan Timur masuk dalam top 99 inovasi pelayanan publik 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Kemenpan Reformasi dan Birokrasi.

Dalam surat pengumuman nomor B/153/PP.00. 05/2020 menjelaskan bahwa terdapat 2.126 proposal kelompok umum yang masuk, termasuk Kelola Listrik Komunal Enggelam yang berhasil masuk top 99.

Surat tersebut diterbitkan, Kamis kemarin, 18/6/2020. Dilansir dari situs resmi Indonesia berinovasi, Desa Enggelam menemukan inovasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal yang dinamakan Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam (KLIK-ME).

KLIK-ME merupakan sumber energi alternatif, juga menjadi salah satu inovasi dan unggulan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Baca Juga: Kementerian Agama Terbitkan Panduan Layanan Menikah di Situasi New Normal Covid-19

Baca Juga: Cara Atasi Trauma Hilangkan Rasa Sedih ala Psikolog, Berangkat dari Curhatan Wanita Gagal Menikah

Cikal bakal KLIK-ME diawali Pemkab Kukar melalui Dinas ESDM, mencarikan solusi alihkan genset, dengan membangunkan PLTS. Langkah ini mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim serta Kementerian ESDM yang didanai melalui APBN.

Perlu diketahui, selama ini penerangan rumah tangga sebelumnya hanya menggunakan genset. Itu pun hanya dinikmati segelintir masyarakat yang mampu. Karena biaya yang dikeluarkan rata-rata Rp 30.000/hari dengan jam operasional selama 6 jam per hari.

Kehadiran listrik komunal Muara Enggelam yang kini sukses dikelola Badan Usaha Milik Des (BUMDes), kiranya kini mampu memenuhi ketersediaan listrik selama 24 jam.

Itu berlaku untuk lebih dari 713 jiwa (174 KK), dengan daya masing-masing 350 watt/rumah, bertarif murah sebesar Rp3.000 / hari bagi masyarakat mampu. Kemudian bagi warga kurang mampu hanya dikenakan tarif Rp 9,-per Watt per hari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved