Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Dorong Pemaksimalan BUMK, Pemkab Berau Targetkan Tidak Ada Lagi Kampung Tertinggal

Kepala DPMK Berau, Ilyas Natsir menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah selesai mengumpulkan data dari seluruh kampung.

HUMASKAB BERAU
TINGKATKAN IDM - Pemkab Beau melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMK) terus berupaya meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM) dengan menargetkan tidak ada lagi kampung berstatus sangat tertinggal dan tertinggal. Salah satunya dengan memaksimalkan BUMK. 

TANJUNG REDEB - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Kampung (DPMK) Kabupaten Berau berupaya dalam meningkatkan Indeks Desa Membangun (IDM). Di tahun 2020 ini ditargetkan tidak ada lagi kampung dengan status sangat tertinggal dan tertinggal.

Kepala DPMK Berau, Ilyas Natsir menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah selesai mengumpulkan data dari seluruh kampung. Data yang dimaksud yaitu indikator dari kampung dalam penetapan IDM. Dan hasilnya dalam waktu dekat ini akan dikeluarkan secara resmi.

“Berkat bantuan dan kerja sama seluruh aparatur kampung, kita telah menyelesaikan pendataan ini. Dan di Kaltim baru kita saja yang telah selesai,” jelasnya.

Dari data yang dihimpun tersebut, DPMK menargetkan bahwa ada perkembangan yang signifikan dalam peningkatan IDM. Yaitu tidak ada lagi kampung sangat tertinggal dan tertinggal, sementara untuk kampung berkembang sebanyak 62, kampung maju meningkatkan dari sebelumnya 23 menjadi 29 dan kampung mandiri bertambah 7 menjadi 8.

“Diharapkan target ini bisa tepat dan terealisasi sesuai dengan yang kita inginkan. Sehingga ada peningkatan di tahun 2020 ini dan kedepannya bisa ditingkat kembali,” katanya.

Dijelaskannya bahwa pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan IDM ini agar menjadi lebih baik lagi. Apalagi semenjak penyaluran Alokasi Dana Kampung (ADK), pembangunan yang terjadi di setiap kampung pun sudah mulai terlihat. Hal ini diketahui dengan perkembangan IDM yang mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Kita terus memberikan dorongan kepada seluruh kampung untuk terus melakukan inovasi dan terobosan dalam setiap program kerjanya, salah satunya dengan memaksimalkan BUMK. Sehingga target untuk mencapai peningkatan pembangunan kampung pun terpenuhi,” tegasnya. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved