Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Dilakukan Bergiliran, 582 Anggota PPS se-Kubar Wajib Menjalani Rapid Test Covid-19

Sebanyak 63 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Barong Tongkok mengikuti rapid test.

HUMASKAB KUBAR
RAPID TEST PPS - Penjabat Sekretaris Kabupaten Kutai Barat Ir H Achmad Sofyan menyaksikan proses rapid test 63 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Barong Tongkok. Di Kubar tercatat 582 PPS yang tersebar di 194 kampung dan 16 kelurahan yang akan turut menyukseskan pelaksanan Pilkada Kubar 2020. 

SENDAWAR - Sebanyak 63 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Barong Tongkok mengikuti rapid test. Sesuai ketentuan protokol kesehatan KPUD diminta melakukan rapid test bagi penyelenggara.

Oleh sebab itu dilakukan rapid test secara bergiliran kepada PPS. Jumlah PPS se-Kubar sebanyak 582 orang yang tersebar di 194 kampung dan kelurahan di 16 Kecamatan.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPUD Kubar Arkadius Hanye SH menjelaskan, pelaksanaan pilkada serentak di masa Pandemi covid-19 sudah berjalan dimulai 15 Juni lalu.

Rapid test PPS se-Kecamatan Barong Tongkok yang dilaksanakan di KPUD Kubar turut hadir Asisten I, Wakapolres Kubar, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Kesbangpol, Anggota KPUD, dan Sekretaris KPUD, Sabtu (27/6/2020).

Lebih lanjut Arkadius Hanye menuturkan, seperti diketahui pada 22 Maret lalu berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 179 bahwa empat tahapan besar yang ditunda, saat ini dilaksanakan kembali yakni Pelantikan PPS, verifikasi faktual calon perseorangan, pembentukan PPDP serta pemutakhiran data pemilih.

“Sesuai Perpu Nomor 2 tahun 2020 telah menggerakkan kita semua untuk terus berjalan walaupun di masa pandemi, dengan mengikuti standar protokol kesehatan. Untuk PPS se-Kubar dengan total 582 orang yang tersebar di 194 kampung dan kelurahan di 16 Kecamatan se-Kubar,” ujarnya.

Menurut Ketua KPUD, dengan persiapan pilkada serentak, maka penyelenggara harus siap melaksanakan dengan protokol kesehatan salah satunya melakukan rapid test.

”Kecamatan Barong Tongkok merupakan kecamatan kedua yang melakukan rapid test untuk petugas PPS. Kegiatan ini terus berlanjut ke kecamatan-kecamatan berikutnya. Selain itu juga kita terus mematuhi protokol kesehatan, berdoa agar selalu aman, sehat dan keluarga kita sehat, serta masyarakat Kubar sehat, sehingga pilkada yang dilaksanakan selain berkedaulatan, dan hasilnya juga aman,” ujar Arkadius Hanye.

Sekali lagi terimakasih kepada Pemkab Kubar yang sudah mendukung kegiatan yang dilakukan KPUD Kubar.
Dalam kesempatan yang sama Bupati FX Yapan dalam sambutan tertulis yang dibacakan Penjabat Sekretariat Kabupaten Kubar Ir H Achmad Sofyan MM mengatakan, di masa pandemi ini, kesehatan menjadi prioritas utama yang wajib dijaga agar segala aktivitas dapat dilaksanakan.

Selanjutnya Bupati berpesan kepada 63 anggota PPS yang mengikuti rapid test, manfaatkan dengan sangat baik. Sebab dengan rapid test merupakan salah satu wujud kepedulian akan kesehatan bersama.

“Pemerintah menaruh harapan bahwa saudara sekalian juga dapat ikut membantu di wilayah Kecamatan Barong Tongkok, terutama mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatannya,” ujar Bupati.

Begitu pula kepada jajaran KPUD selaku penyelenggara agar terus bekerjasama dengan Tim Gugus Penanganan Covid-19, sehingga program yang dibuat dapat ditingkatkan, dapat dimonitoring dan evaluasi agar hasilnya lebih efektif dan efisien.

Untuk diketahui, di Kutai Barat hingga saat ini total terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 32 kasus, pasien sembuh sebanyak 21 kasus dan pasien menjalani isolasi sebanyak 11 kasus.

“Mari bersama kita terus mendukung pemerintah untuk mencegah penyebarannya. Tetap jaga jarak, gunakan masker dan selalu rajin mencuci tangan. Terapkan pola hidup bersih dan sehat. Saya berharap kita semua tetap sehat selalu,” tambah Bupati.(adv/hms10/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved