Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Bupati Mahulu Kembali Ingatkan Petinggi dan Jajarannya Dokumen BLT Harus Lengkap

"Harapan saya kepada Petinggi dan seluruh jajaran dalam penyaluran BLT sesuai dengan ketentuannya, jangan ada pendekatan lain di luar ketentuan,

HUMASKAB MAHULU
Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh SH 

UJOH BILANG - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH berpesan kepada seluruh Petinggi dan jajaran agar Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) benar-benar sesuai dengan kriteria penerima, yakni masyarakat yang kurang mampu yang berhak untuk menerima bantuan akibat dari dampak Pandemi Covid-19.

"Harapan saya kepada Petinggi dan seluruh jajaran dalam penyaluran BLT sesuai dengan ketentuannya, jangan ada pendekatan lain di luar ketentuan, kalau yang menerimanya memang masyarakat yang tidak mampu kemudian sakit, dan penghasilannya dibawah ya kita bisa terima, " kata Bupati usai menyerahkan BLT bagi masyarakat Batu Majang, Selasa (30/6/2020).

Dikatakan Bupati, sasaran penerima BLT Dana desa adalah keluarga miskin non PKH (Program Keluarga Harapan) atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang kehilangan mata pencaharian, belum terdata (Exclusion error), dan mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun atau kronis.

"Tentu ini harus kita sosialisasikan kepada masyarakat, karena ada masyarakat yang tidak menerima BLT ini, karena persyaratannya sudah ditentukan oleh pemerintah supaya tidak tumpang tindih dengan bantuan pemerintah yang sebelumnya seperti PKH dan lainnya,"jelas Bupati.

Di akhir sambutan Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH mengimbau agar Petinggi dapat segera menyusun administrasi penyaluran dan administrasi pertanggungjawaban Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Covid - 19 sesuai dengan tata kelola yang berlaku dalam APB Kampung.

"Saya minta juga supaya administrasi dan dokumen BLT harus lengkap, jangan sampai kurang sehingga nanti ada yang tidak pas bisa menjadi masalah,"tambah Bupati.

Menanggapi arahan tersebut, Petinggi Batu Majang, Yosep Merang mengatakan, pihaknya akan terus melakukan evaluasi data penerima BLT sesuai kriteria yang di tetapkan pemerintah pusat. "Untuk BLT ini ada masyarakat yang penerima PKH tidak dapat menerima BLT karena sudah terdaftar, jadi data nya terus kita evaluasi," kataYosep.

"Kita sudah mengundang BPD, dan memang ada beberapa yang belum membuka rekening dan BPD siap membantu, data-data penerima BLT sudah siap semua, untuk penyaluran berikutnya langsung lewat rekening, ada beberapa yang langsung tunai hanya 20 orang saja temasuk lansia dan disabilitas/cacat,"jelasnya. (adv/HMS11/NAW)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved