Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Pemkab Sampaikan KUA PPAS, Ini Daftar Prioritas Lanjutan Pembangunan di Kubar Tahun 2021

Rapat paripurna kali ini dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom dari ruang Rapat Koordinasi Kantor Bupati Kubar.

HUMASKAB KUBAR
PPAS - Wakil Bupati Kutai Barat Edyanto Arkan didampingi Pj Sekda Achmad Sofyan dan sejumlah pejabat teras lainnya menyampaikan KUA PPAS di depan rapat paripurna DPRD Kubar, Rabu (8/7/2020). 

SENDAWAR- Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Pemkab Kubar) menyampaikan penjelasan tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) pada Sidang Paripurna DPRD Kubar, Rabu (8/7/2020).

Rapat paripurna kali ini dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom dari ruang Rapat Koordinasi Kantor Bupati Kubar. Edyanto Arkan didamping Penjabat Sekretaris Kabupaten Achmad Sofyan.

Wabup Edyanto Arkan membacakan penjelasan KUA dan PPAS, secara garis besar prioritas pembangunan tahun 2016-2021, diantaranya meningkatkan pembangunan infrastruktur dasar publik yang semakin merata keseluruh wilayah Kutai Barat meliputi prasarana jalan, jembatan, pelayanan air bersih, pelayanan telekomunikasi dan informasi, serta peningkatan cakupan energi listrik bagi masyarakat.

Mengenai peningkatan sumber daya manusia, dilaksanakan dengan berfokus pada pelayanan pendidikan semakin berkualitas, peningkatan mutu, beasiswa bagi akademik dan non akademik, menyediakan fasilitas pendidikan, pengembangan kurikulum nilai budaya lokal, sejarah, iptek, adat, hukum, sastra dan seni serta etika moral.

Selain itu, lanjutnya, dilakukan reformasi tata kelola pemerintah yang bersih dan pelayanan yang semakin cepat, mudah dan murah, meningkatkan ekonomi kerakyatan, dan sektor ekonomi potensial sebagai upaya penyediaan lapangan kerja berbasis lingkungan hidup, penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat lokal, meningkatkan penerapan nilai agama, budaya luhur dan hubungan sosial masyarakat, meningkatkan peran kampung, pemuda dan perempuan dalam pembangunan masyarakat.

Sementara prioritas tahun anggaran 2021 dilakukan berdasarkan hasil konsultasi publik dalam Musrembang RKPD yang dititikberatkan pada percepatan daya saing komoditas unggulan lokal, sumber daya manusia, pendidikan dan pelatihan yang didukung optimalisasi pelayanan kesehatan, pemenuhan infrastruktur dasar dan penopang ekonomi kerakyatan, dan kualitas pelayanan publik melalui peningkatan tata kelola pemerintahan.(advertorial/hms/naw)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved