Tarakan Nihil Covid 19

Jubir Gugus Tugas Tarakan Sebut Ada Perubahan Kriteria Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh

Ada perubahan kriteria pasien konfirmasi covid-19 atau virus corona yang dinyatakan sembuh yakni Simtomatik dan Asimtomatik.

TRIBUNKALTIM.CO, RISNAWATI
dr Devi Ika Indriarti 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN- Ada perubahan kriteria pasien konfirmasi covid-19 atau virus corona yang dinyatakan sembuh yakni Simtomatik dan Asimtomatik.

Hal ini diutarakan oleh Jubir Gusus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tarakan, dr Devi Ika Indriarti, Senin (20/7/20)

"Jadi ada perbedaannya maksudnya yang tanpa gejala atau asimtomatik dan dengan gejala atau simtomatik itu ada perbedaannya," ujar Devi.

Jadi, 2 kriteria tersebut yang kemudian dipilah-pilah dan tentu juga melihat dari gambaran klinis dari para pasien konfirmasi tersebut.

"Jadi Dokter dengan timnya melakukan penilaian kesehatan status dari pasien konfirmasi covid-19 dari penilaian itu, maka mereka ( pasien) dinyatakan sembuh," ungkapnya.

Baca juga; BREAKING NEWS- Semua Pasien Covid-19 Sembuh, Kini Tarakan Nihil Corona

Baca juga; UPDATE Virus Corona di Tarakan, Nol Kasus Konfirmasi Covid-19, Bakal Bisa jadi Zona Hijau?

Melalui dr Devi pula diketahui bahwa perubahan kriteria tersebut sesuai dengan buku petunjuk teknis ( Juknis ) covid-19 yang terbaru ( Revisi ke 5).

"Kemudian juga dari Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang baru itu juga dinyatakan untuk pasien yang terkonfirmasi positif itu ada 2 jadi yang simtomatik yang mempunyai gejala seperti tadi batuk, pilek, demam dan ada juga yang asimtomatik yang tanpa gejala," sebutnya.

"Nah yang tanpa gejala itu, kalau sudah dilihat dari berapa lama perawatannya bahwa tidak ada gejala klinis yang timbul kemudian juga dilihat dari pemeriksaan yang dilakukan, terus terapinya juga sudah dikerjakan dan tidak ada gambaran yang menunjukkan bahwa dia masih menderita covid-19, maka pasien tersebut bisa dinyatakan sembuh, tidak perlu 2 kali pemeriksaan swab," sambungnya.

Penulis: Risnawati
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved