Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO Melihat Lebih Dekat Hiu Tutul di Perairan Talisayan Berau

Melihat hiu yang beratnya bisa mencapai 1 ton itu memiliki sensasi tersendiri.

TRIBUNKALTIM.CO- Kabupaten Berau, Kalimantan Timur menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan dan tersembunyi sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahannya.

Mulai dari situs wisata, situs bersejarah, spot foto, sampai air terjun yang memanjakan mata. Bagi yang sering ke Bumi Batiwakkal, sebutan lain kabupaten Berau mungkin tak asing dengan wisata bahari seperti di pulau Derawan, Maratua, Sangalaki dan masih banyak lainnya.

Kali ini, wisata bahari yang menjadi favorit wisatawan berkunjung ke Kacamatan Talisayan tepatnya di pesisir kabupaten Berau yakni melihat langsung hiu tutul atau bisa dikenal whale shark.

Melihat hiu yang beratnya bisa mencapai 1 ton itu memiliki sensasi tersendiri. Tak hanya bisa dilihat wisatawan juga bisa berenang dengan hiu tutul namun para wisatawan harus mematuhi aturan diantaranya jaga jarak dan hindari kontak langsung dengan ikan pemakan plankton tersebut.

Wakil Bupati Berau H Agus Tantomo menyebutkan berenang bersama hiu tutul merupakan objek andalan Kecamatan Talisayan.

"Ini sangat unik sangat bisa menjadi objek wisata favorit karena tidak banyak wisata seperti ini yang ada di Indonesia," jelas Agus Tantomo.

Menurut Agus Tantomo habitat hiu tutul di Indonesia sekitar 250 ekor saja yang ada di perairan talisayan berdasarkan hasil tag-in berkisar sekitar 92 ekor. Sehingga hiu ini sangat dijaga oleh nelayan di Kecamatan Talisayan.

Di habitat asli hiu tutul di Kecamatan Talisayan, kata Agus Tantomo tidak sulit mencari ikan tersebut. Para wisatawan hanya perlu naik perahu dari Kampung Talisayan sekitar 30 hingga 40 menit ke keramba milik nelayan.

"Biasanya hiu ini selalu mendekat di keramba karena mungkin disana banyak plankton yang merupakan makanan dari hiu tutul," pungkasnya.

Bisa jadi objek wisata di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19.

Halaman
12
Editor: Faizal Amir
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved