Breaking News:

Berita Pemkab Kutai Barat

Obyek Wisata di Berau Kembali Dibuka, Wabup Agus Ingatkan Terapkan Protokol Kesehatan

Agus Tantomo, yang terus mengingatkan masyarakat dan pelaku usaha pariwisata untuk benar benar memastikan protokol kesehatan

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB BERAU
MENIKMATI KEINDAHAN - Wakil Bupati Berau Agus Tamtomo menikmati keindahan alam saat berkujung ke wilayah pesisir selatan Kabupaten Berau. Pemkab telah membuka kembali sejumlah obyek wisata di daerah ini, namun diingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19. 

TANJUNG REDEB - Menuju new normal berbagai kebijakan telah diberikan pemerintah untuk masyarakat kembali beraktivitas. Termasuk kebijakan membuka destinasi wisata namun dengan tetapi menerapkan standar operasional prosedur (SOP) protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Kebijakan ini menjadi perhatian serius Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, yang terus mengingatkan masyarakat dan pelaku usaha pariwisata untuk benar benar memastikan protokol kesehatan dilaksanakan dengan baik.

Wabup Agus Tantomo yang melakukan kunjungan ke kecamatan di wilayah pesisir selatan Berau baru baru ini, juga mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada. Kesempatan itu pun dimanfaatkan wabup untuk berdiskusi dengan para pelaku usaha yang selama terpaksa beristirahat karena tidak adanya kunjungan wisatawan. Kini kegiatan wisata sudah mulai berangsur berjalan, seperti destinasi wisata Labuan Cermin di kecamatan Biduk Biduk yang mulai dibuka untuk umum, tapi dengan tetap mengikuti SOP yang telah ditetapkan.

Wisata Kabupaten Berau diyakini Agus Tantomo dapat menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19 dengan mudah. Pasalnya wisata yang ada bukan wisata yang mengundang wisatawan dalam jumlah banyak, sehingga tidak akan memunculkan kerumunan. Seperti wisatawan yang akan ke Labuan cermin atau pun ingin menyaksikan atraksi hiu paus atau whale shark di perairan Talisayan, tentu jumlahnya terbatas, karena daya angkut kapal yang tersedia juga terbatas.

Sehingga protokol kesehatan dengan menerapkan social distancing dan physical distancing pasti diterapkan. Begitu juga dengan destinasi wisata lain, seperti wisata selam yang menurutnya tidak akan mungkin menghadirkan banyak wisatawan.

“Tinggal bagaimana pengelola wisata mengingatkan wisatawan untuk menerapkan protokol kesehatan dan juga menyediakan sarana dan prasarana pendukung dalam penerapan SOP protokol kesehatan di lokasi wisata,” jelasnya.

Sektor pariwisata diakjui Wabup Agus Tantomo adalah salah satu sektor yang terpuruk karena dampak covid-19. Aktivitas pariwisata terpaksa ditutup selama beberapa bulan untuk memutus rantai penyebaran covid-19. Seiring dengan kebijakan relaksasi menuju new normal, diharapkan sektorpa pariwisata bertahap kembali bangkit dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Akan tetapi ditegaskannya pelaku usaha dan masyarakat jangan sampai lengah dalam menerapkan protokol kesehatan, karena resiko penyebaran virus corona ini masih bisa terjadi, ketika apa yang telah ditetap untuk dipatuhi tidak dilaksanakan dengan baik.

“Jadi ini yang terpenting, kegiatan wisata berjalan, tapi penyebaran covid-19 juga dapat dihindari dengan penerapan protokol kesehatan dengan baik,” tandasnya. (adv/hms4)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved