News Video

NEWS VIDEO Update Haji 2020: Belum Ada Laporan Jemaah Haji yang Terinfeksi Corona

Juru Bicara Menteri Kesehatan Arab Saudi Mohammed Al-Abd Al-Ali belum ditemukan masalah kesehatan yang dialami jemaah selama pelaksanaan ibadah haji.

TRIBUNKALTIM.CO - Juru Bicara Menteri Kesehatan Arab Saudi Mohammed Al-Abd Al-Ali mengatakan hingga Jumat (31/7/2020) belum ditemukan masalah kesehatan yang dialami jemaah selama pelaksanaan ibadah haji 2020.

"Sangat melegakan...sejauh ini belum ada laporan terkait kasus virus corona atau masalah kesehatan lain yang bisa memengaruhi kesehatan banyak orang," kata Al-Ali saat briefing harian ibadah Haji di Makkah, dilansir Arab News, Jumat (31/7/2020).

Al-Ali juga menyatakan bahwa layanan kesehatan yang ada sudah dipersiapkan sebaik mungkin dan selalu siaga terhadap kemungkinan munculnya masalah kesehatan.

Sarana kesehatan

Pihaknya merinci ada 1.456 kamar rumah sakit tersedia, termasuk 272 kamar ICU, 331 ruang isolasi, dan lebih dari 200 kamar layanan gawat darurat sebagai persiapan.

Al-Ali mengatakan, tim medis lapangan bekerja ekstra keras sejak Kamis (30/7/2020) ketika jemaah haji melakukan prosesi pendakian Gunung Arafah dan bergerak menuju Muzdalifah.

Selain menyediakan perawatan kesehatan yang dibutuhkan, tim medis juga mendukung langkah-langkah pencegahan yang telah diterapkan guna mencegah penyebaran virus corona.

Sementara itu, Lt. Col. Talal Al-Shalhoub, juru bicara keamanan untuk Kementerian Dalam Negeri, mengatakan bahwa jemaah telah diantar dengan selamat menuju Gunung Arafah untuk melakukan ritual ibadah haji, dan kemudian menuju Muzdalifah.

Ia menambahkan, petugas keamanan terus mengawasi jamaah guna memastikan social distancing dan serangkaian protokol kesehatan lainnya dipatuhi oleh jemaah.

Mereka juga mencegah orang-orang tanpa izin untuk memasuki Tanah Suci.

Halaman
123
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved