Breaking News:

Wisata Kuliner

Masakan Padang ala Dapur Uni Mega di Balikpapan, Menyantap Rendang Saraso Pulang Kampuang

Masakan Padang ala Dapur Uni Mega di Balikpapan, Menyantap Rendang Saraso Pulang Kampuang

TRIBUN KALTIM/REZA RASYID UMAR
Masakan Padang ala Dapur Uni Mega di Balikpapan, Menyantap Rendang Saraso Pulang Kampuang 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Masakan Padang ala Dapur Uni Mega di Balikpapan, Menyantap Rendang Saraso Pulang Kampuang

Rendang, dendeng dan paru balado. Ya, itulah makanan favorit bagi ‘urang Awak’, sebutan untuk orang asli Minangkabau, Sumatera Barat.

Bagaimana tidak, makanan-makanan tersebut merupakan makanan yang wajib dihidangkan saat acara-acara adat suku Minang.

Di Balikpapan sendiri, keberadaan restoran Padang yang menyajikan makanan khas Minangkabau memang cukup banyak. Mulai dari yang kelas mewah hingga warung Padang kelas kaki lima.

Namun, di balik persaingan ‘offline’ kuliner Padang yang mulai lesu akibat imbas pandemi Covid-19, terdapat satu masakan Padang ‘online’ yang cukup punya nama di Balikpapan, yaitu Dapur Uni Mega.

Ya, dengan konsep jualan ‘online’ dari dapur rumah, Dapur Uni Mega mampu bersaing dengan resto-resto Padang di Balikpapan.

“Kami hadir di tengah pandemi Covid-19, tepatnya tanggal 9 Juni 2020. Saat itu banyak yang tanya ke saya, ‘kok nggak jualan makanan Padang mbak?’ Dari sini saya mulai jualan masakan Padang online dan Alhamdulillah diterima pasar dengan baik,” kata Megawati, owner dari Dapur Uni Mega.

Nama ‘Dapur Uni Mega’ diambil dari nama pemiliknya sendiri, Megawati. Diolah di dapur rumah yang beralamat di Gang Semeru, Jl MT Haryono, Balikpapan Selatan, menjadi salah satu inspirasi lahirnya kata ‘Dapur Uni Mega’.

“Karena masaknya hanya di dapur rumah dan jualannya online makanya saya kasih nama Dapur Uni Mega,” ujar wanita asli Padang ini. Dapur Uni Mega memang spesialis mengolah masakan Padang.

Rendang daging, rendang jengkol, dendeng balado, paru balado, tongkol balado, cumi cabe ijo, teri cabe ijo hingga makanan Padang yang paling sulit didapat di Balikpapan, ketan sarikayo juga disajikan Dapur Uni Mega.

Halaman
1234
Penulis: Reza Rasyid Umar
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved