Breaking News:

Perwakilan Bank Indonesia Kaltim Sebut Inflasi Bulan Juli 2020 Tetap Rendah

inflasi IHK Juli 2020 tercatat sebesar 0,80% (year on year/yoy), sehingga inflasi tahun kalender Kaltim sampai dengan Juli 2020 tercatat sebesar 0,92

Tribunkaltim.co/Purnomo Susanto
Kepala Bank Indonesa Perwakilan Kalimantan Timur ( BI Kaltim ), Tutuk SH Cahyono 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Indeks Harga Konsumen (IHK) Kalimantan Timur (Kaltim) pada Juli 2020 tercatat mengalami inflasi sebesar 0,07% (mounth to mounth/mtm), lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang mencatat inflasi sebesar 0,22% (mtm).

Hal ini diungkap Kepala Perwakilan Kantor Bank Indonesia Kaltim Tutuk S.H Cahyono dalam siaran resminya, Senin (3/8/2020).

Ia menjelaskan, secara tahunan, inflasi IHK Juli 2020 tercatat sebesar 0,80% (year on year/yoy), sehingga inflasi tahun kalender Kaltim sampai dengan Juli 2020 tercatat sebesar 0,92%.

"Inflasi yang rendah tersebut terutama disebabkan oleh deflasi pada kelompok pakaian dan alas kaki, serta pendidikan," ujarnya.

Baca Juga:Gelar Library Talk Bank Indonesia, Kembangkan Kreativitas Lewat Edukasi Daring

Baca Juga:Program UMKM Bangkit Bank Indonesia Balikpapan Bantu Pelaku UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Selain kedua kelompok tersebut, kelompok makanan, minuman, dan tembakau juga mengalami normalisasi pasca peningkatan harga di periode hari raya Idul Fitri 2020.

Pandemi Covid-19 mendorong sebagian kelompok masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan konsumsi, khususnya untuk komoditas non makanan.

Kondisi ini juga tercermin dalam Survei Konsumen (SK) Bank Indonesia yang masih menunjukkan pesimisme terhadap kondisi perekonomian Kaltim.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juli 2020 tercatat sebesar 94,92, masih di bawah threshold optimis pada level 100, meski sudah lebih baik dibandingkan indeks pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 89,00.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved