Breaking News:

Berita Pemkab Berau

BPBD Berau Gelar Evaluasi, Bupati Minta Tim Gugus Terus Bekerja Sampai Kasus Corona Tak Ada Lagi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau menggelar rapat evaluasi penanganan covid-19 di Kabupaten Berau.

HUMASKAB BERAU
EVALUASI - Bupati Berau memimpin rapat evaluasi penanganan Covid-19 yang digelar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, Selasa (4/8/2020). Hadir Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali dan jajaran asisten dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. 

TANJUNG REDEB - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Berau menggelar rapat evaluasi penanganan covid-19 di Kabupaten Berau.

Rapat yang digelar di ruang Kakaban Setkab Berau, Selasa (4/8) kemarin, dipimpin langsung Bupati Berau, Muharram, bersama Sekretaris Kabupaten Berau, M Gazali. Diikuti jajaran asisten dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPBD Berau, Thamrin, memaparkan realisasi anggaran pelaksanaan penanganan Covid-19 melalui BPBD yang sudah terealisasi sebesar kurang lebih Rp 50,374 miliar.

Realisasi anggaran ini terdiri dari bantuan langsung tunai untuk masyarakat terdampak covid-19 yang sudah disalurkan dalam dua tahap. Maupun bantuan untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun industry kecil menangah (IKM).

Selain itu juga telah direalisasikan honorarium tim gugus tugas, serta operasional kegiatan selama penanganan covid-19.

Melalui rapat evaluasi ini disampaikan Thamrin dibahas apa saja yang memang harus dibenahi kedepan terkait penanganan covid-19. Perkembangan covid dikatakannya masih berjalan, meskipun trennya di Bumi Batiwakkal menunjukkan tidak terjadi lonjakan. Seperti keberadaan posko pembantu penanganan covid-19 di beberapa titik sudah tidak mulai tidak efektif lagi dalam pelaksanaan tugas tugasnya. Seperti yang berada di kecamatan terjauh.

“Seperti di Biduk Biduk itu sudah tidak adalagi dan akan menyusul batu putih dan biatan, kami menilai tidak efektif lagi,” ungkapnya.

Thamrin berharap grafik kasus covid-10 di Kabupaten Berau yang masih mengalami naik turun dapat semakin menurun, hingga diharapkan tidak lagi ada kasus yang terkonfirmasi positif di Bumi Batiwakkal.

Langkah langkah yang dilakukan setelah evaluasi ini dikatakan Thamrin akan dibahas lebih lanjut Bupati Berau selaku ketua tim gugus tugas bersama jajaran Forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD), termasuk penguruman posko pembantu penanganan covid.

“Jadi ini baru kita rencanakan dan nanti akan dibahas lebih lanjut untuk pengurangan posko di kecamatan. Nanti yang kita perkuat dari posko posko jalur keluar masuk Kabupaten Berau, seperti bandara maupun jalur darat akan lebih diperketat. Termasuk mungkin pusat keramaian seperti pasar akan tetap kita perkuat,” jelasnya.

Sementara Bupati Berau, Muharram dalam arahannya, meminta tim gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Berau untuk dapat terus bekerja hingga masalah covid-19 tidak lagi ada terjadi. Evaluasi ditegaskannya memang perlu dilakukan setiap tahapan pelaksanaan penanganan yang dilakukan.

Tahapan penanganan, mulai dari pencegahan, penanganan maupun pemulihan ekonomi masyarakat terdampak perlu dilakukan. Bupati Muharram juga terus mengingatkan kepada tim gugus untuk selalu mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

“Kita melihat kegiatan masyarakat sudah berjalan dengan baik, tapi yang terpenting tetap harus memperhatikan dan mengutamakan protokol kesehatan pencegahan covid-19,” tegasnya. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved