Breaking News:

20 UMKM Ikut Pelatihan Sistem Jaminan Halal dari Bank Indonesia Balikpapan dan LPH LPPOM-MUI Kaltim

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar Sertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH) bekerjasama dengan LPH LPPOM-MUI Kaltim bagi pelaku UMKM

HO
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar Sertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH) bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Halal (LPH) LPPOM-MUI Kalimantan Timur bagi pelaku UMKM. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menggelar Sertifikasi Sistem Jaminan Halal (SJH) bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Halal (LPH) LPPOM-MUI Kalimantan Timur bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang dilaksanakan pada 5 – 6 Agustus 2020 di Hotel Tjokro Balikpapan.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia Balikpapan, Thomy Andryas, yang diikuti oleh dua puluh UMKM di Kota Balikpapan dan Kabupaten Paser.

Pelatihan ini bertujuan untuk memfasilitasi UMKM mendapatkan sertifikasi halal, sehingga dapat memperkuat bisnis UMKM termasuk industri halal untuk naik kelas hingga ke taraf global.

Dalam sambutannya, Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Thomy Andryas menyampaikan kegiatan ini menjadi salah satu upaya Bank Indonesia dalam mendukung UMKM agar dapat memperkuat Halal Value Chain baik di Kalimantan Timur maupun di Indonesia.

Pentingnya sertifikasi halal bagi produk-produk UMKM terutama dapat meningkatkan daya saing. Produk yang telah memperoleh sertifikasi halal tentunya memiliki jaminan tidak hanya halal namun juga aman dikonsumsi dari sisi kesehatan karena dipastikan tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Selama dua hari, 20 pelaku UMKM mengikuti sertifikasi di bawah bimbingan LPH LPPOM-MUI Kalimantan Timur. Mereka diberikan materi tentang pentingnya sertifikasi halal bagi produk.

Selain itu, Tim LPH-LPPOM MUI juga menyampaikan materi tentang introduksi syarat-syarat bahan pangan halal, kebijakan dan prosedur dalam memperoleh sertifikasi halal hingga pendampingan dalam workshop penyiapan dan pengisian template sertifikasi jaminan halal.

Direktur LPH LPPOM-MUI, Sumarsongko menyampaikan apresiasinya terhadap Bank Indonesia yang telah memfasilitasi pelatihan / sertifikasi Jaminan Halal sehingga semakin mempermudah UMKM untuk memperoleh sertifikasi halal.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan bersama LPPOM-MUI pun berkomitmen untuk membantu UMKM sehingga produk-produk UMKM di Kalimantan Timur terjamin kehalalannya. (*)

Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved