Breaking News:

Pemkab Kukar Kembangkan Aplikasi Baca Buku iKukar dari Trial ke Versi Penuh, Bisa Akses 1.100 Judul

Perkembangan itulah yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dalam mengembangkan minat baca masyarakat.

TRIBUNKALTIM.CO, ARIS JONI
Aplikasi iKukar 

TRIBUNKALTIM.COM, TENGGARONG - Di era teknologi saat ini, banyak sarana yang dapat diakses melalui digital. Buku pun dapat dibaca melalui layar handphone maupun laptop.

Perkembangan itulah yang dilakukan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kutai Kartanegara atau Kukar dalam mengembangkan minat baca masyarakat.

Saat ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar telah membuat aplikasi baca digital bernama iKukar, namun masih dalam bentuk versi trial.

Dalam waktu dekat ini iKukar akan dikembangkan dalam versi penuh sehingga pembaca iKukar dapat membaca secara full dan dapat mengunduhnya di aplikasi Google Playstore pada android.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kukar, Akhmad Taufik Hidayat kepada pers.

Baca juga; Partai Penguasa di Kukar, Antara Mengusung atau Menjadi Pesaing Petahana dalam Pilkada Serentak 2020

Baca juga; NEWS VIDEO Tabrakan Beruntun,Tiga Mobil dan Lima Motor Jadi Korban

Dikatakan Hidayat, program aplikasi tersebut tercetus dari kondisi pandemi covid-19 yang mengharuskan semua instansi pemerintahan tutup total beberapa bulan dikarenakan Work From Hime ( WFH), namun pihaknya menginginkan masyarakat tetap dapat membaca buku di rumah walaupun dengan kondisi kantor yang tengah tutup.

“Kita juga maunya masyarakat dapat membaca dari rumah dan mejagkau kecamatan terjauh,” ujarnya.

Diketahui, aplikasi iKukar ini hampir sama dengan aplikasi yang ada di Pemprov Kaltim yakni iKaltim dan E-Pusnas yang vendornya dari KUBUKU E-Resources.

Sementara itu, Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Nur Fatoni menerangkan, dari segi performa dan kapasitas dari aplikasi tersebut cukup mumpuni dan senin kemarin telah dilaksanakan penandatanganan kontrak untuk mendapatkan aplikasi versi penuhnya.

"Bulan depan secara definitif aplikasinya sudah jadi punya kita," tegasnya Fatoni.

Sebagai informasi, pada versi trial, aplikasi iKukar hanya dapat mengakses sebanyak 1.500 e-book dengan 4.500 eksemplar. Akan tetapi, setelah menjadi versi penuh, pembaca dapat mengakses 1.100 judul buku yang disediakan dan akan terus ditingkatkan sesuai kebutuhan.

“Tapi kita berharap buku-buku yang disediakan pada versi trial tetap bisa diakses nantinya,” tutupnya.(*)

Penulis: Aris Joni
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved