Breaking News:

Bawaslu Tarakan tak Lakukan Pengawasan Pencalonan Gubernur, Ini Alasan Ketua Bawaslu Tarakan

Badan Pengawasan Pemilu Kota Tarakan, Kalimantan Utara tidak melakukan pengawasan terhadap pencalonan kepala daerah tingkat provinsi, Rabu (2/9/2020)

TRIBUNKALTIM.CO/RISNAWATI
Ketua Bawaslu Kota Tarakan, Zul Fauzi Hasli 

TRIBUNKALTIM.CO,TARAKAN- Badan Pengawasan Pemilu Kota Tarakan, Kalimantan Utara tidak melakukan pengawasan terhadap pencalonan kepala daerah tingkat provinsi, Rabu (2/9/2020)

Ketua Bawaslu Kota Tarakan, Zul Fauzi Hasli mengatakan, hal ini tentu bukan merupakan kewenangan dari Bawaslu Kota Tarakan.

"Prinsipnya kan kita di Bawaslu Kota tidak melakukan pengawasan pencalonan (Gubernur) ya karena pencalonan itu dilakukan di KPU provinsi, jadi yang melakukan pengawasan adalah Bawaslu provinsi," ujarnya.

Namun secara teknis, kata dia, kebiasaannya nanti pada tahapan yang sudah hampir dekat, ada strategi-strategi pengawasan yang disampaikan oleh Bawaslu Provinsi kepada Bawaslu kabupaten/kota.

Baca Juga: NEWS VIDEO Jelang Pilkada 2020, Kapolda Kaltara Irjen Pol Bambang Kristiyono Tegaskan Polri Netral

Baca Juga: Bawaslu Tarakan Masih Memilah Data untuk Pilkada Kaltara, 399 Warga Binaan Lapas Miliki NIK

"Jadi untuk sementara ini kan secara strategi dan lain sebagainya itu belum di sampaikan, tapi secara umum sudah kita pelajari, sudah termuat dalam Perbawaslu," ucapnya.

Diketahui ada 14 tahapan pengawasan yang dilakukan Bawaslu, namun ada beberapa tahapan yang tidak diawasi oleh Bawaslu kota Tarakan, salah satunya tahapan pencalonan Gubernur.

"Itu tidak kita awasi karena sudah dilakukan pengawasan langsung dari Bawaslu Provinsi," ungkapnya.

Kemudian juga tahapan penetapan calon Gubernur juga tidak termasuk dalam pengawasan yang dilakukan Bawaslu Kota Tarakan.

"Yang berkaitan dengan calon-calon itu kita tidak terlalu terlibat langsung, jadi kaya pendaftaran kemudian nanti pemeriksaan kesehatan calon dan sebagainya sampai dengan penetapan calon itu Bawaslu Kota Tarakan tidak terlibat langsung. Itu langsung di handle oleh Bawaslu Provinsi," terangnya. (*)

Baca Juga: Wakil Bupati Kukar Ajak Pimpinan Perusahaan Ingatkan Karyawan Gunakan Hak Pilih pada Pilkada Kukar

Baca Juga: Ketua DPD PDIP Kaltim Benarkan Rekomendasi ke Bacalon Andi Harun-Rusmadi di Pilkada Samarinda

Penulis: Risnawati
Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved