Breaking News:

Pelaku UMKM Keluhkan Susahnya Dapat BLT Rp 2,4 Juta, Kemenkop Beber Alasan Tak Semua Dapat Banpres

Bantuan Langsung Tunai ( BLT) UMKM atau Banpres Produktif memang tidak diberikan kepada seluruh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM).

Editor: Rita Noor Shobah

TRIBUNKALTIM.CO - Pelaku UMKM keluhkan susahnya dapat BLT Rp 2,4 juta, Kemenkop beber alasan memang tak semua UMKM mendapat Banpres Produktif.

Kementerian Koperasi dan UKM ( Kemenkop UKM ) menyebut tidak semua pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM) mendapat Bantuan Presiden / Banpres Produktif atau lebih dikenal BLT UMKM.

Sehingga, pelaku UMKM yang tidak memenuhi syarat tentu saja tidak bisa mendapatkan dana segar sejumlah Rp 2,4 juta itu.

Terjawab, BLT BPJS Ketenagakerjaan Hingga Gelombang 5, Jumlah Penerima Makin Sedikit, Cara Cek Nama

BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 3 untuk 3,5 Juta Karyawan, Rp 1,2 Juta Sudah Ditransfer ke Rekening

Jadwal Distribusi Bansos DKI Jakarta untuk 2,4 Juta KK di Jakarta, Cek Jadwal Khusus Ojek Online

Bansos Tunai Rp 500 Ribu untuk Ibu Rumah Tangga, Cek Namamu di https://cekbansos.siks.kemsos.go.id

Bantuan Langsung Tunai ( BLT) tidak diberikan kepada seluruh pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM).

Oleh karena itu banyak UMKM yang tidak mendapatkan bantuan tersebut.

Kepala Bidang Lembaga Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM Nurul Rahman mengatakan, bantuan tersebut memang hanya diperuntukkan bagi para UMKM yang belum pernah mengajukan pinjaman apapun di bank.

"Bantuan Presiden untuk mikro yang Rp 2,4 juta itu mungkin masih banyak yang belum tahu kenapa susah untuk mendapatkannya. Sebenarnya tidak susah. Bantuan-bantuan usaha mikro memang diperuntukkan bagi mereka yang memang belum ada akses ke bank," ujarnya dalam webinar virtual, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

Anang sapaan akrabnya memastikan, UMKM yang telah mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) ke bank tidak bisa mendapatkan BLT Rp 2,4 juta.

"Jadi ini benar-benar bagi UKM yang memang selama ini tidak bisa melakukan aksesibilitasnya ke perbankan. Itu kami lakukan bantuannya melalui BPUM (Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro)," kata dia.

Pada 24 Agustus lalu, Presiden Jokowi telah resmi meluncurkan bantuan modal kerja untuk pelaku UMKM yang diberi nama Bantuan Presiden (BanPres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta. Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menjelaskan, skema pencairan dana bantuan untuk pelaku usaha mikro tersebut sangat sederhana yakni melalui rekening bank masing-masing.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved