Breaking News:

Hari Batik Nasional

Inilah Keuntungan Membatik Pakai Canting Elektronik, Memeriahkan Hari Batik Nasional di Samarinda

Dinas Perindustrian Kota Samarinda gelar pameran membatik di Hotel Aston Samarinda and Convention Center, Jumat (2/10/2020)

Penulis: Jino Prayudi Kartono | Editor: Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Dinas Perindustrian Kota Samarinda gelar pameran membatik di Hotel Aston Samarinda and Convention Center, Jumat (2/10/2020).

Pameran tersebut mengajak beberapa perajin yang ada di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

Menariknya para pengunjung bisa merasakan sensasi membatik sekaligus belajar lebih dalam tentang teknik membatik khususnya batik tulis.

Seseorang jika membatik menggunakan canting. Kemudian lilin cair khusus dimasukkan ke wadah canting kemudian mulai mengguratkan Pola batik yang diinginkan di atas kain.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Balikpapan, Rabu 3 Oktober 2020, Dini Hari akan Hujan Petir, Angin dari Barat Daya

Baca Juga: Psikologi Sosial dari UI Beber 53 Persen, Pedagang Pasar Pakai Masker Tidak Benar, Begini Alasannya

Proses ini terus berulang-ulang. Jika kondisi lilin di dalam canting mulai dingin, perajin kembali mengambil cairan lilin yang dipanaskan. Begitu terus sampai pola batik yang diinginkan jadi.

Ada yang menarik saat kegiatan ini berlangsung. Seorang perajin menggunakan alat canting modern. Canting tersematkan kabel yang dialiri listrik.

Aliran listrik berubah menjadi energi panas. Sehingga lilin yang ada di dalam canting tidak dingin dan membeku. Silvi Widiarti salah satu pengelola dari lpk Atiqna Smart mengatakan alat tersebut ia dapat di Jawa.

Alat tersebut ia akui mempercepat proses pembuatan batik tulis. "Biasanya untuk membuat pola kalau pakai canting biasa memakan waktu dua hari. Kalau pakai yang modern hanya satu hari," kata Silvi Widiarti.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved