Penanganan Covid

Tidak Berlibur ke Luar Rumah Kala Akhir Oktober, Mendagri Tito Karnavian: Kita Menahan Diri

Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian meminta masyarakat untuk menahan diri tidak berlibur ke luar rumah atau ke luar kota pada musim libur

Editor: Budi Susilo
CNN via Tribunnews
Ilustrasi virus Corona atau covid-19. Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian meminta masyarakat untuk menahan diri tidak berlibur ke luar rumah atau ke luar kota pada musim liburan akhir Oktober 2020 mendatang. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Tidak berlibur ke luar rumah kala masuk liburan panjang di akhir Oktober, Mendagri Tito Karnavian: Kita Menahan Diri.

Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tito Karnavian meminta masyarakat untuk menahan diri tidak berlibur ke luar rumah atau ke luar kota pada musim liburan akhir Oktober 2020 mendatang.

Hal itu untuk menghindari penyebaran Corona atau covid-19.

"Kita minta untuk menahan diri untuk tidak ikut berkerumun di satu tempat karena untuk keselamatan bapak-bapak, ibu-ibu untuk saudara-saudara sendiri bersama keluarga," kata Tito usai rapat terbatas bersama Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Senin, (19/10/2020).

Baca Juga: Wapres Maruf Amin Beber Sejak Zaman Nabi Ada Pandemi, Ada Pola Pentingnya Cuci Tangan

Baca Juga: Bukan Teori Semata, Kemendikbud Meminta Mahasiswa Sosialisasikan Protokol 3M Tangkal Corona

Apalagi sekarang ini menurut Tito sudah muncul klaster keluarga.

Sehingga, apabila satu anggota keluarga terpapar covid-19 maka akan menulari anggota keluarga lainnya.

"Karena itu satu menahan diri untuk tidak berlibur ke tempat yang akan banyak kerumunan, seperti puncak misalnya, atau di daerah Bandung, di pantai, dan lain lain," katanya.

Pengunjung Pasar Buton Kecamatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur terapkan protokol kesehatan disiplin gunakan masker, Kamis (1/10/2020) pagi. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemananan ( Menkopolhukam ) Mahfud MD mengingatkan masyarakat agar terus menjalankan protokol kesehatan Corona atau covid-19.
Pengunjung Pasar Buton Kecamatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur terapkan protokol kesehatan disiplin gunakan masker, Kamis (1/10/2020) pagi. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemananan ( Menkopolhukam ) Mahfud MD mengingatkan masyarakat agar terus menjalankan protokol kesehatan Corona atau covid-19. (TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO)

Tito menegaskan dalam beberapa hari ke depan pihaknya akan menggelar rapat dengan Kepala Daerah dan jajaran Forkopimda untuk mematangkan sejumlah aturan yang akan diterapkan pada musim liburan akhir Oktober 2020.

Baca Juga: Andai Vaksin Corona Sudah Tersedia, Ketua MPR Bamsoet: Disiplin Protokol 3M Harus Tetap Diterapkan

Terutama daerah-daerah yang menjadi tujuan wisata.

"Nanti saat Rabu-Kamis kami akan sampaikan kepada seluruh daerah dan Forkopimda agar mengidentifikasi daerah-daerah tempat-tempat liburan dan kira-kira berapa kapasitas, diatur Ini masih ada waktu 4-5 hari," kata Tito.

Bagi-bagi masker di jalanan depan sekolah.
Bagi-bagi masker di jalanan depan sekolah di Kutai Timur. (TRIBUNKALTIM.CO/MARGARET SARITA)

Ia meminta Forkompida berbicara dengan para pengelola tempat wisata supaya tidak terjadi kerumunan.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved