Breaking News:

Berita DPRd Kalimantan Timur

Masa Kerja Pembahasan Dua Raperda Diperpanjang, Perlu Uji Publik dan Konsultasi Draf ke Kemendagri

Raperda tentang Pajak Retribusi Umum, Jasa Usaha dan Perizinan tertentu resmi diperpanjang, serta raperda Perangkat Daerah

HUMAS DPRD KALTIM
PERPANJANG - Rapat pleno DPRD Kaltim meyetujui perpanjangan pembahasan dua raperda, setelah mendengar penyampaian laporan hasil kerja pansus dan Komisi II, Rabu (11/11/2020). 

SAMARINDA - Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kaltim, dan Raperda tentang Pajak Retribusi Umum, Jasa Usaha dan Perizinan tertentu resmi diperpanjang.

Perpanjangan pembahasan kedua raperda tersebut merupakan persetujuan bersama pada Rapat Paripurna ke-32 DPRD Kaltim dengan agenda penyampaian laporan hasil kerja pansus dan komisi II, Rabu (11/11).

Wakil Ketua Pansus Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kaltim, Sutomo Jabir mengatakan, ada beberapa alasan sehingga pansus mengambil keputusan untuk meminta perpanjangan waktu.

Diantaranya, raperda dimaksud dalam skala nasional masih belum banyak yang melaksanakan. Oleh sebab itu, pihaknya merasa tertantang untuk dapat menyusun raperda ini dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kondisi daerah Kaltim.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa raperda ini merupakan usulan dari Pemerintah Provinsi Kaltim, dimana terdapat beberapa perubahan pada beberapa pasal yang dihilangkan. Namun, demikian untuk pasal dan ayat yang tidak mengalami perubahan masih tetap berlaku,” sebutnya.

Ketua Komisi II DPRD Kaltim Veridiana Huraq Wang menuturkan masih ada beberapa kegiatan penting dan utama yang harus dilaksanakan sehingga memerlukan perpanjangan waktu kerja. Ia mencontohkan, seperti kegiatan uji publik, kegiatan konsultasi retribusi dan evaluasi draf raperda ke Kementerian Dalam Negeri.

“Uji publik penting untuk dilakukan, sebab memberikan informasi dan mendapatkan banyak masukan lebih luas dari pemangku kepentingan, seperti perangkat daerah, kalangan akademisi, masyarakat dan pihak terkait lainnya,” tuturnya. (adv/hms4)

Tags
Uji Publik
Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved