Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Dekatkan Titik Pelayanan ke Masyarakat, Gubernur Resmikan Tiga Samsat Payment Point di Berau

tiga Samsat Payment Point yang diresmikan berlokasi di Tanjung Batu (Derawan), Kecamatan Batu Putih dan Kecamatan Segah.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB BERAU
PERESMIAN - Gubernur Kaltim Isran Noor bersama Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK serta Pjs Bupati Berau meresmikan Samsat Payment Point yang Kecamatan Segah, Kamis (19/11/2020). 

TANJUNG REDEB - Ditandai dengan penekanan tombol sirine, Gubernur Kaltim, Isran Noor meresmikan Samsat Payment Point di tiga kecamatan di Kabupaten Berau.

Peresmian yang dipusatkan di Kantor Cabang Pembantu BanKaltimtara Kecamatan Segah, Kamis (19/11) kemarin, turut dibadiri Ketua DPRD Kaltim, Makmur HAPK, Pjs Bupati Berau, Muhammad Ramadhan, Kepala Bapenda Kaltim, Ismiyati, serta manajemen BanKaltimtara. Selain itu turut hadir camat se Kabupaten Berau dan kepala kampung di wilayah Kecamatan Segah.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim, Ismiyati, mengatakan tiga Samsat Payment Point yang diresmikan berlokasi di Tanjung Batu Kecamatan Pulau Derawan, Kecamatan Batu Putih dan di Kecamatan Segah. Hadirnya layanan samsat payment point ini untuk lebih mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Di Segah melayani 13 kampung jumlah kendaraan bermotor hampir 5000 unit. Di Kecamatan Batu Putih melayani 7 kampung dengan jumlah kendaraan 4059 unit. Sedangkan di Tanjung Batu melayani 5 kampung dengan jumlah kendaraan kurang lebih 3000 unit.

BERSAMA CAMAT -  Gubernur Kaltim Isran Noor bersama para camat se-Kabupaten Berau foto bersama usai peresmian samsat payment point di Segah, Kamis (19/11/2020).
BERSAMA CAMAT - Gubernur Kaltim Isran Noor bersama para camat se-Kabupaten Berau foto bersama usai peresmian samsat payment point di Segah, Kamis (19/11/2020). (HUMASKAB BERAU)

“Keseluruhan jumlah kendaraan bermotor di Kabupaten Berau sebanyak 141.770 unit yang terdiri dari 124 ribu unit kendaraan roda dua dan kurang lebih 17 ribu unit kendaraan roda empat.” Jelasnya.

Disampaikan Ismiyati banyak masyarakat yang bermukim didaerah terpencil atau perbatasan hanya membayar pajak kendaraan pada saat pembelian awal. Sehingga pada takut berikutnya bahkan lima tahun berikutnya tidak melakukan registrasi ulang karena pelayanan yang cukup jauh.

“Untuk itu dengan layanan ini semakin mendekatkan, walaupun baru melayani pajak tahunan dan kedepan kita berharap juga bisa lima tahunan melalui layanan samsat mobile,” ungkapnya.

Penjabat sementara (Pjs) Bupati Berau, Muhammad Ramadhan menyampaikan terima kasih hadirnya Gubernur Kaltim bersama Ketua DPRD dalam rangka meresmikan meresmikan layanan samsat payment point sebagai upaya mendekatkan akses layanan bagi masyarakat yang tinggal di pedalaman maupun dipesisir selatan Kabupaten Berau.

Tentu dengan peningkatan layanan Bapenda Kaltim yang bekerjasama dengan Bankaltimtara ini semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat, terlebih wilayah Kabupaten Berau yang secara geografis sangat luas tersebar di pedalaman hingga pesisir dan kepulauan. Dengan layanan ini juga diharapkan turut meningkatan pendapatan asli daerah melalui pajak kendaraan bermotor.

“Atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Berau kami menyampaikan terima kasih atas peresmian samsat payment point di wilayah pedalaman dan pesisir daerah ini,” ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Kaltim, Isran Noor mengungkapkan peningkatan layanan dengan samsat payment point ini sebagai upaya insentifikasi penerimaan daerah agar bisa mencapai seperti yang diharapkan. Gubernur juga berharap dengan layanan ini dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

“Saya berharap apa yang dilakukan ini dapat berjalan dengan baik dan dapat semakin meningkatkan pendapatan daerah,” tandasnya. (advertorial/hms)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved