Breaking News:

Pilkada Mahulu

Simulasi Pencoblosan Pilkada, KPU Mahulu Terapkan Prokes Pencegahan Covid-19

Secara serentak, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan Kabupaten/Kota menggelar tahapan simulasi Pilkada serentak untuk pencoblosan

TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIAWAN
Ketua KPU Mahulu, Frederik Melawen. 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Secara serentak, Komisi Pemilihan Umum atau KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota menggelar tahapan simulasi Pilkada serentak untuk pencoblosan atau pemberian hak suara untuk Pilkada, Sabtu (21/11/2020)

Termasuk di Mahakam Ulu ( Mahulu ). KPU setempat menyelenggarakan simulasi di Long Bagun.

Simulasi diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan ( Prokes ) ketat, untuk mencegah penularan Covid-19.

Ketua KPU Mahulu Frederik Melawen mengatakan, simulasi digelar untuk memberikan pemahaman tentang tata cara pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang.

Utamanya dalam penerapan Prokes.

Baca juga: Dinas Kesehatan Kukar Gelar Workshop Penyusunan Renstra 2021-2026

Baca juga: INFO BMKG Prakiraan Cuaca Minggu 22 November 2020, Yogyakarta, Jambi dan Semarang Hujan Ringan

"Seperti diketahui, Pilkada serentak tahun ini diselenggarakan di tengah pandemi covid-19 yang belum berakhir. Untuk itu pemahaman Prokes sangat penting. Bagaimana praktiknya, kita peragakan pada saat simulasi ini. Mulai dari waktu pemilih masuk, dengan mengenakan masker, mencuci tangan, cara mencoblos hingga selesai," terangnya.

Dikatakan, beberapa hal berbeda dengan Pilkada sebelumnya, yakni disesuaikan dengan protokol kesehatan Covid-19, antara lain, wajib pakai masker, tempat duduk yang harus "physical distancing", pengaturan jadwal kedatangan pemilih, serta tinta dijari usai mencoblos tidak dicelup tapi diteteskan.

Frederik mengatakan, pada saat simulasi ini, selain melibatkan para petugas KPPS serta warga setempat, juga diundang semua anggota PPK ( Panitia Pemilihan Kecamatan ).

Halaman
12
Penulis: Febriawan
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved