Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Stabilkan Harga Jelang Natal dan Tahun Baru, Diskoperindag Berau Gelar Pasar Murah

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau pun menggelar pasar murah menjelang Natal dan tahun baru.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB BERAU
PASAR MURAH - Selain melakukan pengawasan terhadap cadangan dan harga pangan, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau juga menggelar pasar murah menjelang Natal dan tahun baru 2021. 

TANJUNG REDEB - Selain melakukan pengawasan terhadap cadangan dan harga pangan, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau pun menggelar pasar murah menjelang Natal dan tahun baru.

Kepala Diskoperindag Berau, Wiyati mengatakan, pasar murah ini bertujuan untuk menstabilkan harga bahan pangan, yang cenderung mengalami kenaikan saat hari besar seperti hari raya Idul Fitri, Natal dan pergantian tahun.

Pada tahun ini Diskoperindag telah melaksanakan pasar murah sebanyak dua kali. Pertama pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri yang dilaksanakan di lima kecamatan kemudian dilanjutkan di Kecamatan Segah menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Sudah kita laksanakan minggu lalu di Kecamatan Segah. Karena berdekatan dengan perayaan Natal dan tahun baru,” ujarnya

Beberapa bahan pokok yang akan dijual di bawah harga pasaran diantaranya beras, gula, minyak goreng, tepung, susu, hingga minuman yang menjadi kebutuhan masyarakat baik untuk keperluan jelang Natal dan tahun baru.

Dalam program pasar murah ini, Diskoperindag bekerja sama dengan Bulog. Sehingga harga jual jauh lebih murah dari harga di pasaran.

Dengan adanya pasar murah itu diharapkan bisa mengurangi keresahan masyarakat akan tingginya harga kebutuhan bahan pokok, khususnya menjelang perayaan hari-hari besar, sekaligus meningkatkan daya beli masyarakat.

“Karena biasanya menjelang perayaan Natal dan tahun baru harga barang naik. Makanya dibuat pasar murah, biar warga tidak kesulitan,” jelasnya.

PASAR MURAH - Kepala Diskoperindag Berau Wiyati mengatakan pasar murah ini untuk menstabilkan harga bahan pangan, yang cenderung mengalami kenaikan saat hari besar seperti Natal dan pergantian tahun.
PASAR MURAH - Kepala Diskoperindag Berau Wiyati mengatakan pasar murah ini untuk menstabilkan harga bahan pangan, yang cenderung mengalami kenaikan saat hari besar seperti Natal dan pergantian tahun. (HUMASKAB BERAU)

Wiyati mengatakan, kenaikan harga biasanya dipicu oleh beberapa faktor, diantaranya distribusi yang terhambat karena cuaca buruk, atau proses bongkar muatnya membutuhkan waktu lama. Bisa juga karena ulah spekulan yang menimbun bahan pangan, sehingga mengakibatkan permintaan meningkat sementara barang yang dibutuhkan tidak tersedia, akibatnya bisa ditebak, harga melonjak naik.

Meski demikian, Wiyati mengimbau warga agar tidak panik, pasalnya Diskoperindag selama ini terus memantau harga dan cadangan kebutuhan bahan pangan, sehingga pihaknya memastikan tidak terjadi kelangkaan. “Hingga kini, kami terus melakukan pengawasan terhadap pasokan, distribusi dan harga bahan pangan di Kabupaten Berau, dan pemantauan ini kami lakukan setiap hari,” pungkasnya. (Hms5)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved