Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Luncurkan Website dan Aplikasi Disdukcapil Berau Versi 2.01, Pelayanan Aminduk Kini Semakin Mudah

. Disdukcapil secara resmi melaunching website dan aplikasi disdukcapil Berau versi 2.01.

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB BERAU
LAUNCHING : Pjs Bupati Berau, M Ramadhan memukul gong membuka rakor dan sosialisasi dirangkai launching website dan aplikasi disdukcapil Berau versi 2.01 di Balai Mufakat Tanjung Redeb. 

TANJUNG REDEB – Pelayanan berbasis online terus dilakukan jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Berau untuk memudahkan masyarakat.

Melalui rapat koordinasi dan sosialisasi kebijakan kependudukan dan pencatatan sipil yang digelar di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Selasa (24/11) kemarin, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Disdukcapil secara resmi melaunching website dan aplikasi disdukcapil Berau versi 2.01. Selain itu juga dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama

Disdukcapil Berau dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, serta pihak ketiga sebagai mitra pendukung peningkatanan pelayanan Administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat.

Launching website, aplikasi dan pembukaanrapat koordinasi bersama stakeholder terkait, dihadiri dan dibuka langsung penjabat sementara (Pjs) Bupati Berau, M Ramadhan, jajaran asisten serta pimpinan OPD, camat dan perwakilan kepala kampung. Selain itu juga turut hadir pelaku usaha yang selama ini menjalin kerjasama dengan Disdukcapil Berau.

Kepala Disdukcapil Berau, David Pamudji, mengungkapkan jajaran Disdukcapil Berau telah berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan menjadi pelayanan yang membahagiakan masyarkat Kabupaten Berau.

KERJASAMA : Pjs Bupati Berau, M Ramadhan menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama Disdukcapil Berau bersama camat, kepala kampung, OPD terkait serta pelaku uaha.
KERJASAMA : Pjs Bupati Berau, M Ramadhan menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama Disdukcapil Berau bersama camat, kepala kampung, OPD terkait serta pelaku uaha. (HUMASKAB BERAU)

Serta menjadi brand terdepan sebagai pelayanan public di Bumi Batiwakkal. Diera digital saat ini dikatakan David, masyarakat menginginkan pelayanan yang serba cepat, termasuk pelayanan daerah. terlebih saat ini ditengah wabah pandemic covid-19 tidak hanya pelayanan yang smart dan cepat dan berkualitas, tetapi juga harus aman dan terhindar dari covid-19.

“Pelayanan yang cepat dan berkualitas merupakan pembawa perubahan paradigma pelayanan public bidang administrasi kependudukan, sehingga masyarakat bisa dilayani dari mana saja dan mencetak dokumen secara mandiri dimana saja,” ungkapnya.

Melalui rapat koordinasi dan sosialisasi bersama para pihak terkait, dijelaskan David Pamudji dimaksudkan untuk mewujudkan persamaan persepsi dan pemahaman yang sama dalam mewujudkan kebijakan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil.

“Kegiatan ini bertujuan agar tercipta suatu sinergisitas dalam gerak langkah pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di Kabupaten Berau, sehingga pelayanandapat dirasakan masyarakat Kabupaten Berau,” ucapnya.

Sementara Pjs Bupati Berau, M Ramadhan, mengatakan Disdukcapil merupakan perangkat daerah yang mempunyai tugas dan urusan wajib pemerintah daerah dibidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Dari pelaksanaan tugas tersebut terdapat dua produk yang menjadi output utama, yakni dokumen kependudukan dan database kependudukan. Berdasarkan UU nomor 24 tahun 2013 disebutkan informasi administrasi kependudukan memiliki nilai strategis bagi penyelenggara pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Sehingga perlu pengelolaan informasi adminduk secara terkoordinasi dan berkesinambungan,” ungkapnya.

Ramadhan memberikan apresiasi kepada jajaran Disdukcapil Berau yang terus melakukan terobosan dan inovasi dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Saat ini pelayanan Aminduk oleh Disdukcapil Berau menunjukkan berkinerja baik. Hal itu ditegaskannya dilihat dari kualitas pencapaian semester I tahun 2020 dalam pelayanan aminduk. (adv/hms3)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved