Breaking News:

Berita DPRD Kalimantan Timur

DPRD Kaltim Nasiruddin ngatkan Pelaksanaan Pilkada Wajib Menerapkan Protokol Kesehatan

Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pikada) 2020 di seluruh kabuten dan kota se-Kaltim akan dihelat, pekan depan.

HUMAS DPRD KALTIM
Anggota DPRD Kaltim Nasiruddin 

SAMARINDA - Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pikada) 2020 di seluruh kabuten dan kota se-Kaltim akan dihelat, pekan depan. Untuk itu, Anggota DPRD Kaltim Nasiruddin berharap, seluruh masyarakat dan penyelenggaraan pemilu memastikan diri tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes).

Pria yang akrab disapa Nasiri ini menekankan, prokes harus dikawal dan dipastikan berjalan dengan ketat untuk menjawab kritikan dari beberapa pihak yang khawatir pelaksanaan Pilkada 2020 akan memicu terciptanya klaster baru Covid-19.

“Partisipasi masyarakat harus didorong secara optimal untuk menggunakan hak pilihnya dalam rangka mewujudkan suksesnya Pilkada serentak tahun 2020. Meski demikian, pelaksanaan pilkada di tengah pandemi harus mengutamakan kesehatan,” ujarnya.

Menurut dia, Covid-19 memang belum sepenuhnya berakhir. Untuk itu, protokol kesehatan harus tetap diterapkan dalam setiap aktivitas yang ada di luar rumah. “Salah satunya adalah pelaksanaan Pilkada Serentak yang akan diselenggarakan pada tahun 2020,” sebut Nasir.

Politikus PAN ini juga menjelaskan, petugas pemilu wajib memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat terkait protokol kesehatan pada kegiatan Pilkada ditengah pandemi.

“Selain itu tugas dari penyelenggara pemilu, tugas kita sebagai masyarakat juga wajib menginformasikan kepada kerabat dan sejawat untuk tetap mengikuti prokes saat pencoblosan nantinya,” terang dia.

Selain itu, netralitas aparatur sipil negara (ASN), TNI dan Polri serta penyelenggara pemilu hendaknya dapat terjaga dan dikawal dengan baik.

"Ketidaknetralan ASN, TNI dan Polri serta penyelenggara pemilu dapat mencederai proses Pilkada 2020. Karenanya, kualitas pilkada senantiasa harus ditingkatkan bukan sekadar menjalankan prosedur, tapi perlu dipastikan prinsip-prinsip jujur dan adil dapat terlaksana dalam perhelatan demokrasi Pilkada serentak 2020," tegas Nasir. (adv/hms6)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved