Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Buka Peluang Usaha, Diskoperindag Berau Latih Warga Cara Membuat Kue Cantik dan Enak

Wiyati menyampaikan pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Berau dalam memberdayakan masyarakat

HUMASKAB BERAU
PELATIHAN WIRAUSAHA - Kepala Disperindag Berau Wiyati membuka pelatihan cara membuat makanan kering atau kue. Kegiatan ini digelar guna meningkatkan ketrampilan warga sekaligus menciptakan peluang usaha mandiri. 

TANJUNG REDEB – Dinas Koperas Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau kembali menggelar pelatihan dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta menciptakan lapangan pekerjaan. Kali ini pelatihan digelar dengan pembuatan makanan kering atau kue.

Diharapkan pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Sekaligus membuka peluang usaha dan meningkatkan kemampuan para peserta dalam pembuatan kue. Kegiatan tersebut dibuka langsung Kepala Diskoperindag Berau, Wiyati.

Dalam sambutan, Wiyati menyampaikan pelatihan ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Berau dalam memberdayakan masyarakat. Agar masyarakat mampu membuka lapangan kerja secara mandiri. Langkah ini juga diambil untuk mengurangi angka pengangguran.

“Dengan usaha mandiri, tidak hanya menghasilkan pendapatan untuk diri sendiri, tapi jika usaha melalui keterampilan yang diberikan dengan berbagai inovasi lain,” ujarnya.

Menurutnya, yang perlu dibangun oleh wirausaha adalah bagaimana menciptakan kepercayaan, dan itu perlu proses panjang dan perjuangan keras, jika kepercayaan bisa dibangun di tengah-tengah masyarakat, maka usaha tersebut akan mudah maju.

Sehingga diharapkan para peserta yang ikut pelatihan jangan sampai menggunakan bahan-bahan yang dapat merugikan orang lain. “Kami berharap setelah pelatihan ini dapat mengembangakan ilmu yang telah diperoleh, sehingga membantu peningkatan ekonomi keluarga dan masyarakat sekitar,” terangnya.

Wiyati juga berharap dengan berkembangnya UMKM di tengah masyarakat bisa menghasilkan lapangan kerja baru. Dan targetnya angka pengangguran di Berau bisa berkurang. Serta kesejahteraan masyarakat dapat terwujud sesuai dengan target yang telah ditetapkan pemerintah.

“Keterampilan membuat aneka kue ini juga bisa dijadikan untuk memperluas kesempatan kerja melalui sektor informal. Selain mengurangi angka pengangguran, mendirikan usaha mandiri melalui berbagai keterampilan juga bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sebelumnya Diskoperindag juga telah melakukan pelatihan pemberdayaan masyarakat lainnya. Seperti pembuatan masker dan tata rias. Program yang dilaksanakan ini tentu ditargetkan memberikan dampak nyata bagi pembangunan daerah melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Melalui pelatihan tersebut kita harap membuka berbagai peluang kerja di tengah masyarakat. Karena potensinya yang masih terbuka lebar untuk dijadikan kegiatan usaha,” pungkasnya. (advertorial/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved