Breaking News:

Berita Pemkab Berau

Plt Bupati Agus Tamtomo Tegaskan Perketat Protokol Kesehatan

Dengan menjaga diri sendiri melalui protokol kesehatan ini diyakini bahwa penyebaran covid-19 bisa diatasi

HUMASKAB BERAU
INGATKAN : Plt Bupati Berau, Agus Tantomo ingatkan agar masyarakat tetap waspada pada situasi saat ini yang semakin mengkhawatirkan. Salah satu langkah efektif yang bisa dilakukan adalah penerapan protokol kesehatan. 

TANJUNG REDEB – Plt Bupati Berau, Agus Tantomo mengingatkan kepada masyarakat agar bersama-sama dalam mengatasi penyebaran covid-19. Satu-satunya langkah yang bisa dilakukan yaitu melalui tindakan preventif dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Dengan menjaga diri sendiri melalui protokol kesehatan ini diyakini bahwa penyebaran covid-19 bisa diatasi. Meskipun belum bisa dihilangkan secara menyeluruh namun upaya pencegahan telah dilakukan. Sehingga penyebaran dapat diminimalisir.

Agus Tantomo menegaskan saat ini banyak klaster-klaster baru yang bermunculan. Tidak hanya pelaku perjalanan saja, namun telah berpindah ke kluster keluarga. Hal ini lah yang sangat dikhawatirkan. Karena penularan akan sangat cepat nantinya. Sehingga masing-masing masyarakat harus membentengi diri dengan protokol kesehatan.

“Ini situasi sulit yang kita hadapi. Dan harus saya sampaikan agar kita selalu meningkatkan kewaspadaan. Tolong dimengerti dan dipahami serta melaksanakan protokol kesehatan ini demi kebaikan kita bersama,” ujarnya.

Plt Bupati mengungkapkan, kondisi covid-19 yang terjadi di Kabupaten Berau hingga tanggal 7 Desember 2020 yaitu telah terjadi penularan hingga 600 orang. Dan saat ini masih ada sekitar 80 yang dinyatakan positif serta sedang melakukan perawatan. Kemudian ada lima kasus pasien meninggal dunia.

“Dari data yang ada ini, situasi covid-19 hingga saat ini masih belum bisa kita kendalikan. Dan ada kecenderungan situasi ini semakin memburuk. Tentu kita tidak mau ini terus terjadi. Sehingga perlu kerja sama kita bersama, pemerintah dan masyarakat bersama-sama untuk melakukan pencegahan. Dan yang efektif saat ini yaitu menjaga diri sendiri dan orang lain dengan penerapan protokol kesehatan,” katanya.

Dengan lonjakan pasien yang sangat banyak dalam beberapa pekan terakhir ini menjadi salah satu kendala baru yang dihadapi pemerintah. Dimana kapasitas rumah sakit hanya dapat menampung sekitar 70 pasien saja. “Mengatasi situasi ini kita telah mengambil langkah dengan menyiapkan tempat baru untuk merawat pasien positif ini. Selain itu kita juga menghadapi kendala klaster tenaga kesehatan. Data terakhir ada 7 dokter yang positif dan beberapa dari perawat. Jadi kembali saya ingatkan agar kita selalu waspada,” pungkasnya. (adv/hms5)

Editor: Achmad Bintoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved