Breaking News:

Berita Pemkab Mahakam Ulu

Libatkan Tim Ahli Udayana Bali, Pemkab Kaji Pengembangan Wisata Air Terjun di Mahakam Ulu

Presentasi laporan akhir dengan tim pusat unggulan pariwisata Universitas Udayana Bali melalui zoom meeting

Editor: Achmad Bintoro
HUMASKAB MAHULU
KAJI WISATA AIR - Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh membuka presentasi laporan akhir kajian pengembangan wisata air terjun Long Melaham, air terjun Kelukup dan studi kelayakan sentra pariwisata Batoq Tenevang di Kantor Bappelitbangda, Ujoh Bilang, Selasa (8/12/2020). 

UJOH BILANG - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh,SH membuka presentasi laporan akhir kajian pengembangan wisata air terjun Long Melaham, air terjun Kelukup dan studi kelayakan sentra pariwisata Batoq Tenevang, di ruang rapat Kantor Bappelitbangda, Selasa (08/12/2020).

Presentasi laporan akhir dengan tim pusat unggulan pariwisata Universitas Udayana Bali melalui zoom meeting tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang,S.Sos,MM, Asisten Bidang Sosial Ekonomi dan Pembangunan E. Tek Hen Yohanes,S.Pd, Kepala OPD dan Camat.

Bupati Bonifasius Belawan Geh,SH mengatakan, Kabupaten Mahakam Ulu memiliki berbagai potensi alam dan keunikan warisan kebudayaan dari leluhur agar dapat dikembangkan melalui sektor pariwisata.

Pariwisata, menurut Bupati, potensial dapat dikembangkan sebagai salah satu sumber pendapatan untuk pembangunan daerah. “Dalam bingkai pemanfaatan potensi sumber daya alam yang dapat diwujudkan untuk peningkatan ekonomi berbasis kerakyatan,”tutur Bupati.

Bupati Bonifasius berharap melalui presentasi laporan akhir kajian pengembangan wisata bersama Tim Universitas Udayana Bali, OPD dapat memberikan masukan dan perhatian sebagai langkah awal rencana induk pariwisata Mahakam Ulu.

“Dan tentu saja atas hal ini, kita perlu melibatkan masyarakat umum maupun kelompok sadar wisata yang ada di locus yang akan dijadikan fokus pengembangan wisata,”kata Bupati.

Dalam laporan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kristina Tening,SH,M.Si mengatakan, kegiatan yang bekerjasama dengan Unggulan Pariwisata Universitas Udayana Bali bertujuan untuk menyusun dokumen, yang di dalamnya mencakup pembahasan tentang konsep dasar pengembangan kelayakan serta strategi yang terarah dan terencana terkait pengembangan objek wisata di Mahakam Ulu.

“Outputnya adalah tersedianya dokumen perencanaan pembangunan pariwisata sebanyak dua dokumen beriskan tiga locus kajian, outcome-nya adalah merupakan dokumen pendukung proses perencanaan pembangunan pariwisata terarah, terencana, terukur, aman, produktif dan berkelanjutan,” tambah Kadisparpora.(adv/hms11)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved